Dikhawatirkan Hanya “Gimmick”, KPU Warning Kandidat Jalur Independen

sekitarjambi.com – Kota Jambi, Fenomena jalur independen atau perseorangan di Indonesia bukanlah barang yang baru. Sudah banyak kandidat pasangan calon, baik itu tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota yang berjuang di jalur tanpa dukungan partai politik. Meskipun tak mudah, ada banyak calon yang memilih jalur terjal ini.

Seperti yang terjadi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Belum lama ini Calon Petahana Romi Hariyanto dan Robby Nahliyansyah lebih memilih jalur independen tersebut.

Menanggapi hal ini, Komisioner KPU provinsi Jambi M. Sanusi mengatakan, pihaknya berharap kandidat yang sudah memilih jalur independen dan masuk verifikasi administrasi untuk tidak main-main. “Untuk bakal pasangan calon yang sudah berminat, kita harapkan tidak main-mainlah soal ini,” ujarnya kepada sekitarjambi.com, Jumat (10/1/2020). Sebab berdasarkan PKPU Pasal 33 ayat 1 dan 2, kandidat tersebut akan menghadapi sejumlah konsekuensi. Salah satunya dinyatakan tidak dapat diusulkan sebagai pasangan calon dan tidak dapat diganti dengan calon lain.

“Konsekuensi bagi yang sudah mendaftar jalur ini ada. Jika sudah masuk ke jalan ini, maka akan sulit untuk keluar,” pungkasnya.(Fa)

Bagikan

56 tanggapan untuk “Dikhawatirkan Hanya “Gimmick”, KPU Warning Kandidat Jalur Independen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: