Diberangkatkan ke Tanah Suci, JCH KLOTER BTH 25 Tinggalkan Asrama EHA Provinsi Jambi

sekitarjambi.com – Dengan mengenakan pakaian ihram, para Jemaah Calon Haji (JCH) yang tergabung dalam Kelompok Terbang (KLOTER) BTH 25 Provinsi Jambi, siap diberangkatkan ke Tanah Suci pada Kamis (6/6/2024) malam.

Secara seremonial, pelepasan pemberangkatan JCH KLOTER BTH 25 dilaksanakan di Gedung Aula Arafah, Asrama Embarkasi Haji Antara (EHA) Provinsi Jambi. Seremonial dihadiri oleh Gubernur Jambi yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan SETDA Provinsi Jambi Arief Munandar, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi H. Zoztafia beserta jajaran, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jambi Ari Febrianto, beberapa perwakilan Kepala OPD lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, dan PPIH Provinsi Jambi.

Sebelum acara seremonial dimulai, seluruh JCH mengikuti proses pengecekan barang bawaan melalui X-ray dan body checking oleh Petugas AVSEC Bandara dengan mendahulukan jemaah LANSIA.

Setelah itu, para JCH diarahkan untuk duduk di kursi yang telah disiapkan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Provinsi Jambi. Sembari dibagikan konsumsi oleh petugas, para jemaah diberikan arahan terkait kegiatan-kegiatan jemaah selama di Tanah Suci, mulai dari kegiatan di dalam hotel, pengambilan konsumsi, hingga kegiatan ibadah sunah maupun wajib.

JCH yang tergabung dalam KLOTER BTH 25 Provinsi Jambi berjumlah 450 orang, yakni 97 jemaah berasal dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat, 4 jemaah dari Kabupaten Kerinci, 199 jemaah dari Kabupaten Muaro Jambi, 142 jemaah dari Kabupaten Tanjung Jabung Timur, 3 orang PHD/KBIHU, dan 5 orang PPIH KLOTER. Dari jumlah tersebut terdapat 103 LANSIA.

Acara seremonial pelepasan pemberangkatan JCH KLOTER BTH 25 ditandai dengan sambutan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Zoztafia. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa PPIH Provinsi Jambi mengungkapkan permintaan maaf kepada jemaah terkait pelayanan terhadap jemaah selama berada di Asrama EHA Provinsi Jambi.

“Kami memohon maaf kepada bapak-bapak/ibu-ibu selama di Asrama Haji hingga keberangkatan ke bandara, jika pelayanan kami masih kurang, terdapat kelemahan, kami mohon maaf. Jika kami dalam mengatur jemaah agak keras, ini bermaksud agar pemberangkatan bisa berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

H. Zoztafia juga berharap agar para jemaah tetap khusyuk beribadah dengan tetap memperhatikan kesehatan selama berada di Tanah Suci.

“Kami sebagai PPIH sangat berharap kepada bapak/ibu agar khusyuk beribadah selama di Arab Saudi, baik di Mekkah dan Madinah, dan bersiap-siap untuk melaksanakan puncak haji di ARMUZNA. Dan kami berharap kepada bapak/ibu agar menjaga kesehatan sesuai dengan apa yang disampaikan oleh dinas kabupaten/kota,” harapnya.

Selanjutnya, Gubernur Jambi yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan SETDA Provinsi Jambi, Arief Munandar, berharap para JCH dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan sempurna.

“Kami semua mendoakan keselamatan, kemudahan, kesehatan, dan kelancaran dalam perjalanan bapak/ibu/saudara sekalian dapat ke Tanah Suci dalam keadaan sehat walafiat. Semoga jemaah calon haji dapat melaksanakan semua rukun haji dengan sempurna dan mendapat ridho dari Allah SWT, menjadi haji yang mabrur,” ujarnya.

“Bismillahirrahmanirrahim, kami atas nama Pemerintah Provinsi Jambi resmi melepas jemaah calon haji KLOTER BTH 25 Provinsi Jambi tahun 2024,” tuturnya.

Puncak acara seremonial pelepasan pemberangkatan JCH KLOTER BTH 25 ditandai dengan penyerahan bendera merah putih oleh PPIH Provinsi Jambi melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan SETDA Provinsi Jambi Arief Munandar kepada Ketua KLOTER BTH 25, Abdul Ghapar Abdul Wahab.

Sesuai dengan jadwal, rombongan KLOTER BTH 25 ini diberangkatkan ke Tanah Suci pada Jumat (7/6/2024) dini hari. Para JCH diberangkatkan ke Bandara Internasional Hang Nadim Batam secara pararel pada pukul 00.05 WIB, 00.25 WIB, dan 00.45 WIB. Tiba di Batam, JCH melakukan transit sekitar 2 jam dilanjutkan dengan boarding 2 jam, kemudian dilanjutkan penerbangan ke Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, menggunakan maskapai Saudi Airlines pada Jumat (7/6/2024) pukul 06.15 WIB. (Iz)

Bagikan