Covid-19 Belum Berakhir! Kini Muncul Varian Baru DeltaCron

sekitarjambi.com – Varian baru Covid-19 baru-baru ini telah dikonfirmasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yaitu mutasi gabungan antara Delta dan Omicron yang dijuluki Deltacron. Beberapa negara yang sudah mengkonfirmasi memiliki pasien positif Deltacron, diantaranya adalah Belanda, Denmark, dan Prancis.

Sejauh ini, WHO masih melakukan pemantauan bagaimana varian hybrid Delta Omicron ini berkembang. Menurutnya, berdasarkan beberapa negara yang memiliki kasus pasien Deltacron, pada pasien tidak ditemukan kondisi buruk hanya bergejala seperti flu, batuk, dan demam.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Zubairi Djoerban, menjelaskan munculnya Deltacron karena varian Delta dan Omicron bereplikasi bersama di tubuh orang yang pernah terinfeksi kedua varian tersebut.

“Deltacron adalah varian Covid yang terdiri dari elemen Delta dan Omicron. Artinya varian ini mengandung gen dari kedua varian itu yang membuatnya menjadi virus rekombinan,” ujar Zubairi melalui akun Twitternya, Minggu (13/3/2022).

Sebelumnya, kabar Deltacorn ini sudah tersebar ke publik sejak awal tahun 2022. Yang mengungkapkanya adalah seorang Profesor Ilmu Biologi di Universitas Cyprus Leondios Kostrikis. Ia menyebutkan ada tanda genetik seperti Omicron dalam genom Delta. Atas temuan tersebut, ia memberi nama varian baru Deltacron. Ia pun menemukan 25 kasus mutasi.

Namun para ilmuwan saat itu menganalisis temuan Deltacron kemungkinan besar merupakan kesalahan laboratorium dan bukan varian baru yang mengkhawatirkan global. (Iz)

Bagikan
error: