Bus Sriwijaya yang Tewaskan 26 Penumpang, Alami Tiga Kali Kecelakaan Sebelum Masuk Jurang

sekitarjambi.com – Palembang, Sebelum masuk ke jurang dengan kedalaman sekitar 150 meter, bus Sriwijaya nomor polisi BD 7031 AU jurusan Bengkulu-Palembang, mengalami tiga kali kecelakaan kecil. Penumpang sempat mengingatkan sopir agar lebih hati-hati.

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi mengungkapkan, kecelakaan itu terjadi beberapa jam sebelum kejadian. Seperti terperosok di selokan, ditabrak mobil dari belakang dan bersenggolan dengan kendaraan lain.

“Dari keterangan korban selamat, selama perjalanan dari Bengkulu hingga TKP, setidaknya tiga kali kecelakaan kecil, tapi bus tetap melanjutkan perjalanan,” ungkap Supriadi, Selasa (24/12).

Tiga kali kecelakaan itu membuat waktu tempuh dari Bengkulu menuju Palembang lebih lama dari biasanya. Bus itu berangkat dari Bengkulu pada Senin (23/12) pukul 14.00 WIB yang mengambil rute Bengkulu-Kepahyang-Pagaralam.

“Dan akhirnya pada pukul 23.00 WIB, bus itu menabrak pembatas jalan di tikungan Lematang Indah lalu terjun ke jurang dan masuk sungai. Ketinggiannya kira-kira 150 meter,” ujarnya.

Sebelum masuk jurang, penumpang kerap kali mengingatkan pengemudi agar lebih waspada dan melajukan kendaraannya dengan lamban. Hanya saja, pengemudi tidak mengindahkan sehingga kecelakaan tak terelakkan.

“Kebanyakan penumpang masih terjaga saat kejadian. Korban selamat ada yang keluar dari jendela bus,” kata dia

Dugaan Sopir Mengantuk

Hingga kini kepolisian belum menyimpulkan penyebab terjadinya kecelakaan. Hal itu menunggu olah TKP dan keterangan saksi.

Dari keterangan sementara, kecelakaan maut itu disebabkan pengemudi mengantuk. Hanya saja, penyidikan masih melakukan pendalaman lebih lanjut.

“Dugaan sementara karena sopir mengantuk, itu dilihat dari beberapa kejadian selama perjalanan,” kata Supriadi.

Keterangan saksi yang didapat juga, kata dia, bus itu sempat berhenti di sekitar Hotel Telaga Biru Pagaralam. Saksi melihat pengemudi mengecek kondisi ban bus.

“Keterangan saksi ini juga perlu didalami, apakah memang bus itu ada masalah atau tidak,” pungkasnya.(***/merdeka)

Bagikan

32 thoughts on “Bus Sriwijaya yang Tewaskan 26 Penumpang, Alami Tiga Kali Kecelakaan Sebelum Masuk Jurang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: