23 Hektare Lahan di Dendang Terbakar, Seorang Relawan MPA Dilarikan ke Rumah Sakit

sekitarjambi.com – Tanjab Timur_Bencana kebakaran lahan dan hutan (karhutla) terus menghantui sejumlah wilayah di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Provinsi Jambi. Kali ini, kurang lebih seluas 23 hektar hutan dan lahan gambut di Desa Catur Rahayu Kecamatan Dendang Kabupaten Tanjabtim, ludes terbakar.

Kebakaran muncul sejak Senin siang 19 Agustus 2019 , hingga hari ini Selasa 20 Agustus 2019. Hingga saat ini petugas gabungan satgas karhutla masih terus berjibaku melakukan pemadaman api di lokasi.

Didik Kurniawan, sekretaris relawan Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Catur Rahayu mengatakan,lokasi kebakaran cukup merepotkan petugas yang menangani. Saat ini api belum berhasil dipadamkan. Awalnya kebakaran lahan berasal dari wilayah Hutan Produksi (HP), namun sekarang sudah masuk ke lahan masyarakat. Meski begitu, tim gabungan terdiri dari relawan MPA, TNI, Polri, Manggala Agni, Pemadam Kebakaran, BPBD dan warga terus berupaya memadamkan api yang menghanguskan lahan seluas puluhan hektar tersebut. “Petugas kesulitan sumber air dan jalan evakuasi. MPA desa Catur Rahayu, MPA desa Jatimulyo, Manggala Agni, TNI, Polri, BPBD, Damkar dan masyarakat saat ini masih terus berupaya melakukan pemadaman api di lokasi,” ujar Didik Kurniawan kepada sekitarjambi.com, Selasa malam (20/08/19). Didik juga menyebutkan, proses pemadaman api dilakukan menggunakan lima unit mesin pompa air. Lenyebab kebakaran lahan belum diketahui secara pasti. “Peralatan 3 unit mesin, 15 rol selang,1 unit Alkon masyarakat,1 unit mesin BPBD. Tadi bupati (Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto,Red) kesini,sekarang masih pemadaman. Kurang lebih 23 hektar yang terbakar,” tambah didik.

Dalam proses pemadaman, lanjut didik, satu orang relawan MPA harus dibawa di RSUD Nurdin Hamzah, lantaran kehabisan oksigen saat melakukan pemadaman api. “Ini satu anggota (Relawan MPA) dibawa ke keramas kehabisan oksigen oleh pak camat dan dan polsek Dendang,” tuturnya.

Kebakaran hutan dan lahan di Desa Catur Rahayu ini juga di benarkan oleh Camat Dendang. “Betul. Sejak kemarin (Senin 19 Agustus 2019) pak. Untuk luasnya tim satgas karhutla (BPBD)wewenangnya,”kata Camat Dendang, Amiruddin.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan informasi yang berhasil dirangkum sekitarjambi.com dilapangan, Selain Desa Catur Rahayu Kecamatan Dendang, kebakaran lahan hari ini juga melanda wilayah Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjabtim. Sayangnya, hingga berita ini dirilis, pihak BPBD Kabupaten Tanjabtim masih bungkam dan terkesan enggan untuk dikonfirmasi terkait kebakaran lahan di Kecamatan Dendang dan Sadu tersebut. Upaya wartawan sekitarjambi.com untuk melakukan konfirmasi melalui pesan WhatsApp pun tidak mendapat gubris. (Tim)

Bagikan

35 thoughts on “23 Hektare Lahan di Dendang Terbakar, Seorang Relawan MPA Dilarikan ke Rumah Sakit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: