Waspada Potensi Curah Hujan Tinggi di Wilayah Barat Provinsi Jambi

sekitarjambi.com – Jambi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi menginformasikan bahwa pada Februari 2022, kabupaten kota di Provinsi Jambi masih berpotensi hujan.

Disampaikan langsung oleh Kepala BMKG Jambi Ibnu Sulistiyo yang diwawancara via telepon mengatakan, hingga Sabtu (5/2/2022), prakiraan cuaca kabupaten kota di Provinsi Jambi, kondisi angin masih dominan dari arah barat dengan kecepatan 5 KM per jam, kemudian suhu permukaan laut masih cukup hangat, karena adanya pertemuan masa udara di lapisan udara, sehingga dari parameter cuaca pada Sabtu (5/2/2022) dan Minggu (6/2/2022) cuaca di wilayah Provinsi Jambi kategori berawan dan berpotensi terjadi hujan.

Kepala BMKG Jambi juga mengatakan, sepanjang Februari 2022, potensi hujan masih akan terjadi, namun instensitasnya tidak setiap hari. Selain itu intensitas hujannya beragam pada kategori ringan, sedang, dan lebat.

Selanjutnya, Kepala BMKG Jambi menyebutkan, waspada potensi curah hujan tinggi akan terjadi di wilayah Provinsi Jambi bagian barat, terutama di wilayah barat Sarolangun dan Merangin.

“Yang perlu diwaspadai di wilayah Jambi bagian barat Sarolangun dan Merangin seperti Lembah Masurai, Jangkat, Kerinci, dan Sungai Penuh yang berpotensi hujan dengan curah tinggi pada sore dan malam hari,“ tandasnya.

Untuk masyarakat yang berada pada wilayah tersebut diharapkan untuk terus waspada, karena dengan adanya curah hujan tinggi dapat berpotensi terjadinya bencana alam seperti banjir dan longsor. (Iz)

Bagikan
error: