Waspada Peralihan Musim di Provinsi Jambi

sekitarjambi.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jambi memperkirakan cuaca sepekan ke depan (Periode 7-13 Mei 2024) akan cerah berawan. Meski demikian, cuaca masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Potensi hujan tersebut dapat terjadi di siang, sore, dan malam hari, disertai petir dan angin kencang.

Prakirawan BMKG, Octa Irawan, menjelaskan bahwa nilai lOD, SOI, dan Nino 3.4 secara global tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia. Gelombang Atmosfer Rossby Ekuatorial diprakirakan aktif di wilayah Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jawa Tengah dalam sepekan ke depan, mendukung potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut.

Lanjutnya, sirkulasi siklonik terpantau berada di perairan barat Provinsi Sumatera Utara yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di pesisir barat Sumatera.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Provinsi Jambi,” ujar Prakirawan BMKG, Octa Irawan, dikutip Sabtu (11/5/2024).

Ia menyampaikan bahwa kondisi cuaca di wilayah Provinsi Jambi diprakirakan umumnya cerah berawan dan masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Namun masyarakat diimbau untuk tetap harus waspada potensi cuaca ekstrem.

“Potensinya di seluruh wilayah kabupaten/kota di Provinsi Jambi,” ujarnya.

“Dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, jalan licin dan berkurangnya jarak pandang,” tambahnya.

Saat ini, Provinsi Jambi sedang di masa peralihan musim, dari musim hujan ke musim kemarau. Diprediksi Provinsi Jambi akan masuk musim kemarau pada akhir Mei. (AD)

Bagikan