Lakukan Korupsi, Dua Mantan Pejabat DINKES Kabupaten Sarolangun Diberhentikan

sekitarjambi.com – Dua mantan pejabat Dinas Kesehatan (DINKES) Kabupaten Sarolangun yakni mantan Kepala Dinas, dr. Irwan Miswar, dan mantan Kepala Bidang, Sephermudin, telah diberhentikan sementara dari jabatannya menyusul keterlibatan mereka dalam kasus korupsi.

Kasus ini berkaitan dengan pengadaan alat geometri yang digunakan untuk pengukuran stunting pada tahun 2022.

Keduanya saat ini menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Sarolangun, setelah diadili dan dijatuhi hukuman.

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sarolangun, Ahyar Mubarok, membenarkan keduanya sudah diberhentikan sementara dari jabatannya.

“Yang sudah kita lakukan baru proses pemberhentian sementaranya, setelah mereka ditetapkan tersangka,” ujarnya pada Kamis (9/5/2024).

Meski telah mendekam dipenjara, status pegawai dua mantan pejabat DINKES Kabupaten Sarolangun tersebut masih menunggu rekomendasi dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

“Hari Jumat lalu baru saja mendapatkan petikan keputusan inkrah yang bersangkutan antara nama Sephermudin dan pak Irwan Miswar,” lanjutnya.

Keputusan pengadilan ini menjadi dasar untuk langkah koordinasi selanjutnya dengan BKN mengenai tindakan yang akan diambil.

Sesuai dengan kajian Undang-undang (UU) Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berlaku, tindak pidana korupsi biasanya mengarah pada Pemberhentian dengan Tidak Hormat (PTDH).

“Tindak lanjut kita seperti apa tentunya, kita koordinasi dengan BKN. Terkait nanti apa yang akan dilakukan tentunya kita lihat jawaban dari BKN itu.” tutupnya. (AD)

Bagikan