Viral, Jenazah Covid-19 Ditelantarkan di Makam Bumi Langgeng

sekitarjambi.com – Kota Jambi, Menghebohkan jagad raya media sosial, peti jenazah Covid-19 ditelantarkan di Pemakaman Bumi Langgeng, Pondok Meja. Pada video amatir yang beredar luas dan diketahui direkam oleh pihak keluarga korban, berdurasi 21 menit yang memperlihatkan peti jenazah dibiarkan tergeletak di depan pintu Pemakaman Bumi Langgeng Pondok Meja.

Tampak tidak ada seorang pun Tim Satgas Covid-19 pemakaman yang tiba. Al hasil tanpa alat pelindung diri, pihak keluarga terpaksa mengangkat peti jenazah tersebut, dan menguburkannya hingga ke liang lahat.

Johan Tobing, yang merupakan kakak kandung dari jenazah bernama Maher Tobing menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi pada Kamis (19/8/21). Pasien Covid-19 yang sempat dirawat di Rumah Sakit Raden Mattaher Jambi tersebut meninggal dunia pada pukul 06.00 WIB.

“Pada saat pemakaman, rumah sakit hanya mengantarkan sampai depan pintu pemakaman. Setelah itu sopir ambulance yang mengantar langsung pergi, Kami pihak keluarga pada saat itu tidak tahu terkait prosedur,” ujarnya

Johan menuturkan, pihak rumah sakit mengatakan kewenangan tersebut merupakan Satgas Kabupaten/Kota. Al hasil karena tidak ada koordinasi yang jelas, maka pihak keluarga terpaksa memakamkan jenazah tersebut.

Diketahui, Maher Tobing merupakan korban laka lantas, di jalan Lingkar Selatan pada Senin (16/8/21). Atas hasil uji SWAB oleh pihak rumah sakit, korban dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, sehingga harus dilakukan isolasi pada masa perawatan. (Da)

Bagikan
error: