Upaya Perlindungan JCH dari Wabah Demam Berdarah dan Covid-19, Asrama Haji Embarkasi Antara Jambi Difogging

sekitarjambi.com – Kota Jambi, Jelang kedatangan Jemaah Calon Haji (JCH) tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Provinsi Jambi melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Jambi melakukan fogging atau pengasapan di seluruh area Asrama Haji Embarkasi Antara Jambi, Rabu (22/6/2022).

Staff Pengendalian Kesehatan Lingkungan KKP Kelas III Jambi, Lasno mengatakan, kegiatan fogging sudah menjadi kegiatan rutin selama musim haji, namun memang tahun 2022 ini terdapat perbedaan. Tidak hanya fogging untuk wabah demam berdarah, tetapi juga dilakukan fogging disinfektan untuk pencegahan Covid-19.

“Ini sebagai kegiatan pengendalian risiko lingkungan sebagai antisipasi pencegahan wabah demam berdarah, sekaligus menciptakan lingkungan bersih dan sehat bagi JCH selama di asrama sebelum keberangkatan,” jelasnya.

Lebih lanjut Lasno menjelaskan, fogging dilakukan oleh dua personel dan didampingi dua orang pengawas. Untuk kegiatan fogging sendiri dilakukan pada pagi hari sekira pukul 07.30 WIB hingga selesai. Waktu tersebut diterapkan, karena pada saat tersebut nyamuk dalam keadaan resting setelah semalam beraktivitas. Dan dilanjutkan pada sore hari yakni dilakukan fogging disinfektan untuk pencegahan Covid-19.

“Seluruh area asrama haji difogging terutama area masjid, asrama, dan area-area tertentu tempat berkumpulnya jemaah. Dan untuk fogging demam berdarah ini, cairan yang digunakan yakni supermetrin dengan perbandingan 0,8 liter solar yang sasarannya untuk nyamuk dewasa,” ujarnya.

Ia berharap, melalui fogging, JCH merasakan kenyamanan tanpa ada gangguan nyamuk dan gejala Covid-19 sehingga terjaga kesehatannya selama berada di asrama haji. Namun ia juga mengingatkan kepada JCH harus tetap menjaga protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

“Semakin jemaah menaati protokol kesehatan, maka semakin memperlancar kegiatan pemberangkatan,” terangnya. (Iz)

Bagikan
error: