2025, Diperkirakan 15 Persen Tenaga Kerja Akan Menganggur

sekitarjambi.com – Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ida Fauziyah, pada forum Pra-Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pertama yang diselenggarakan oleh Youth 20 (Y20) Indonesia 2022 di Palembang, Sumatera Selatan, menyampaikan terkait ancaman disrupsi ekonomi.

Dimana ancaman tersebut ditandai dengan terjadi perubahan besar-besaran yang disebabkan oleh adanya inovasi yang mengubah sistem dan tatanan bisnis ke taraf yang lebih baru.

Ida fauziyah mengatakan, Forum Ekonomi Dunia (WEF) telah memprediksi sekitar 15 persen tenaga kerja yang ada di perusahaan berisiko menganggur hingga tahun 2025. Bahkan, sekitar enam persen dari pekerja diperkirakan akan kehilangan pekerjaan.

“Pada tahun 2025, diperkirakan 15 persen tenaga kerja muda akan menganggur,” kata Ida Fauziyah pada Sabtu (19/3/2022).

Ida Fauziyah juga menerangkan, untuk menghadapi hal tersebut seluruh dunia harus saling membahu untuk dapat meredam tingkat pengangguran tenaga kerja muda.

“Salah satu upaya yang dapat memberikan kontribusi positif ke depan dalam rangka mengurangi pengangguran kaum muda dan meningkatkan perekonomian adalah dengan meningkatkan partisipasi generasi muda pada sektor-sektor ekonomi prioritas,” terangnya. (Iz)

Bagikan