Tujuh Uang Rupiah Kertas Desain Terbaru Tahun 2022 Resmi Diluncurkan

sekitarjambi.com – Tujuh uang Rupiah kertas tahun emisi 2022 resmi diluncurkan Pemerintah dan Bank Indonesia, Kamis (18/8/2022).

Tampak desain tujuh uang Rupiah kertas tersebut berbeda dibandingkan sebelumnya. Nominal tujuh uang yang dikeluarkan dalam bentuk kertas pecahan diantaranya Rp 100.000,-, Rp 50.000,-, Rp 20.000,-, Rp 10.000,-, Rp 5.000,-, Rp 2.000,-, dan Rp 1.000,-.

“Sebagai negara yang berdaulat, Rupiah hadir di setiap sendi kehidupan bangsa Indonesia. Sebagai wujud optimisme agar Indonesia bangkit lebih kuat, Bank Indonesia bersama Pemerintah mempersembahkan uang Rupiah kertas tahun emisi 2022 yang semakin berkualitas dan terpercaya,” ungkap Gubernur Bank Sentral, Perry Warjiyo, dalam event Peluncuran Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022.

Kepala Departemen Komunikasi Bank Sentral, Erwin Haryono menerangkan, hal yang baru dalam uang Rupiah kertas emisi 2022 yakni desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang disebut lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

“Inovasi dimaksudkan agar uang Rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit untuk dipalsukan sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani, menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo menetapkan delapan pahlawan nasional sebagai gambar utama pada uang kertas Indonesia sesuai Keputusan Presiden No. 13 Tahun 2022 tentang penetapan Gambar Pahlawan Nasional sebagai Gambar Utama pada Bagian Depan Rupiah Kertas NKRI.

“Setiap lembaran Rupiah terdapat cerita. Waktu itu disampaikan oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta dan ini menandai babak baru bagi Republik Indonesia yang baru saja merdeka,” jelasnya.

“Bersama Rupiah kita bangkit untuk lebih kuat menuju Indonesia maju,” tambahnya. (Iz)

Bagikan
error: