Bahaya Berbuka Puasa dengan Makanan Bersantan

sekitarjambi.com – Banyak dari kita menantikan momen berbuka puasa dengan hidangan lezat, namun penting untuk memilih makanan yang sehat. Mengonsumsi makanan bersantan saat berbuka puasa dapat menimbulkan beberapa risiko kesehatan yang perlu diwaspadai.

Mengutip dari berbagai sumber, makanan bersantan cenderung tinggi lemak jenuh, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya.

Tidak hanya itu, makanan bersantan juga cenderung tinggi kalori, yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan. Ini menjadi perhatian khusus bagi mereka yang berpuasa, karena dapat mengganggu keseimbangan gizi dan kesehatan tubuh.

Lebih lanjut, makanan bersantan juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan bagi sebagian orang, terutama mereka yang memiliki sensitivitas terhadap lemak atau produk susu. Ini dapat menyebabkan masalah seperti perut kembung, diare, atau gangguan pencernaan lainnya.

Oleh karena itu, saat berbuka puasa, disarankan untuk memilih makanan yang seimbang nutrisinya, seperti buah-buahan, sayuran, protein nabati atau hewani rendah lemak, serta karbohidrat kompleks. Memilih alternatif makanan yang lebih sehat dapat membantu menjaga kesehatan tubuh selama bulan Ramadan dan seterusnya. (Iz)

Bagikan