Tips Hemat BBM Saat Ngabuburit

sekitarjambi.com – Kegiatan ngabuburit umumnya dilakukan untuk mengisi waktu sembari menunggu berbuka puasa. Mengendarai sepeda motor bisa dibilang salah satu kegiatan yang menyenangkan dilakukan.

Hanya saja karena harga bahan bakar motor jenis Pertamax saat ini resmi naik menjadi Rp 12.500,- hingga Rp 13.000,-, di sisi lain BBM jenis Pertalite semakin langka. Tentu fenomena ini membuat biaya yang dikeluarkan menjadi lebih besar dibandingkan sebelumnya.

Beragam cara bisa dilakukan untuk menyiasati kenaikan harga dan kelangkaan tersebut. Berikut tips hemat bahan bakar motor motor saat ngabuburit versi tim sekitarjambi.com:

  1. Cek Kondisi Motor, Tekanan Angin, dan Filter Udara

Selalu cek kondisi sepeda motor apakah dalam kondisi normal atau tidak, karena jika kekurangan angin tarikan sepeda motor akan berat. Tarikan yang berat mengakibatkan sepeda motor memerlukan jumlah bahan bakar yang lebih besar untuk bisa digunakan.

  1. Gas Dengan Perlahan

Untuk menghemat bahan bakar, usahakan mengoperasikan sepeda motor dengan halus, misalnya saja menarik tuas gas dengan perlahan dan menjaga kecepatan tetap konstan. Hindari juga mengerem sepeda motor secara dadakan, agar suplai bensin yang dialirkan ke ruang bakar tetap irit.

  1. Tidak Membawa Beban Terlalu Berat

Jika beban yang dibawa sepeda motor bisa overload maka kerja mesin menjadi berat, sehingga penggunaan bahan bakar juga semakin banyak. (Iz)

Bagikan
error: