Terbakar, Lahan Kosong Seluas 5 Hektar di Sabak Barat Hangus

sekitarjambi.com – Tanjab Timur_Bencana kebakaran lahan kembali terjadi di wilayah Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi. Lokasi Kebakaran ini berada di lahan kosong milik masyarakat yang berlokasi di RT 11 Kelurahan Rano.

Camat Muara Sabak Barat, Arie Julian Saputra mengatakan, lahan seluas lima hektar tersebut mulai terbakar sejak Jumat (23/08/19) hingga Sabtu (24/08/19). “Saat ini sedang terjadi kebakaran, tepatnya di Kelurahan Rano, RT 11 berbatasan dengan Kecamatan Geragai yang bersebelahan dengan PT. RGS. Saat ini lokasi yang sudah terbakar kurang lebih 4 sampai 5 hektar,” ujar Camat Muara Sabak Barat, Arie Julian Saputra, Sabtu siang (24/08/19). Arie menjelaskan, api yang menyala selama dua hari tersebut, menghanguskan pepohonan dan rumput liar yang memenuhi lahan masyarakat.

Jajaran personel Polsek Muara Sabak Barat, TNI Koramil Muara Sabak, Manggala Agni, BPBD, Damkar, Pemerintah Kelurahan Rano, Camat Muara Sabak Barat serta masyarakat setempat, harus berjibaku memadamkan api yang menyala di seputaran lahan berawa ini. Gabungan operasi karhutla tersebut memadamkan api menggunakan 3 unit mesin pompa air.

Camat termuda di Tanjabtim ini menyatakan, kondisi api cepat membesar dikarenakan tiupan angin yang cukup kencang, sehingga membuat tim gabungan satgas karhutla berjuang memadamkan api dengan tenaga ekstra. “Karena angin yang sangat kencang dan sumber air yang cukup jauh dari lokasi, pemadaman agak juga sulit dilakukan. Mudah-mudahan kita berharap api dapat dikendalikan dengan secepatnya,” tukas Arie.

Hingga kini api belum berhasil dipadamkan, sehingga dikawatirkan dapat meluas. Belum diketahui penyebab pasti kebakaran lahan di wilayah Kecamatan Muara Sabak Barat ini. (Eko)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: