Tarif PPN Naik Jadi 11 Persen, Diberlakukan Mulai 1 April 2022

sekitarjambi.com – Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati, menyatakan bahwa kenaikan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari 10 persen menjadi 11 persen akan tetap berlaku pada 1 April 2022.

Menurutnya, kenaikan sebesar 1 persen tarif PPN ini diperlukan untuk memperkuat fondasi penerimaan pajak di Indonesia. Selain itu, pajak yang terkumpul juga akan digunakan untuk membantu masyarakat yang tidak mampu.

“Kenaikan tarif PPN tidak ditunda, karena kita menggunakannya untuk kembali ke masyarakat. Fondasinya tetap harus disiapkan,” katanya dalam acara CNBC Economic Outlook di Jakarta, Selasa (22/3/2022).

Sri Mulyani juga menjelaskan, kenaikan tarif PPN ini semata-mata untuk membuat rezim pajak yang adil dan kuat, sesuai dengan rencana pemerintah sejak UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP) masih digodok bersama DPR tahun lalu.

Kenaikan tarif PPN bertujuan untuk meningkatkan penerimaan serta keadilan dalam proses pemungutan PPN, namun pemerintah juga tetap mempertimbangkan kondisi masyarakat dan kegiatan usaha yang masih dalam masa pemulihan paska pandemi Covid-19. (Iz)

Bagikan
error: