Pesawat Jenis Boeng 737 Mengalami Kecelakaan Jatuh Menukik di China

sekitarjambi.com – Menurut Otoritas Penerbangan Sipil China (CAAC), pesawat komersial Boeing 737 milik China Eastern Airlines Corp dengan nomor penerbangan MU5735, mengalami kecelakaan jatuh menukik dari atas Kota Wuzhou, China bagian selatan, pada Senin (21/3/2022). Pesawat jatuh menukik dari ketinggian 3.255 kaki (0,98 KM), setelah sekitar satu jam penerbangan rute Kunming-Guangzhou.

Pesawat tersebut membawa 132 orang, diantaranya 123 penumpang dan sembilan crew. Dari hasil evakuasi oleh tim, keseluruhan penumpang dinyatakan tewas, dan dipastikan tidak ada WNA yang menjadi korban.

Disampaikan oleh Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha, menyampaikan bahwa hingga saat ini Kedutaan Besar RI di Beijing dan Konsulat Jenderal RI di Guangzhou masih terus mencari informasi terkait manifest penumpang, guna mengetahui kemungkinan ada warga Indonesia dalam pesawat tersebut.

“Menurut berbagai informasi sementara yang dihimpun, tidak ada penumpang WNI di pesawat tersebut. Namun konfirmasi resmi masih menunggu dari otoritas setempat,” ujar Judha Nugraha.

Boeing 737-800 ini termasuk jenis pesawat generasi ketiga, dan diklaim menjadi salah satu pesawat yang memiliki model paling aman di dunia.

Meski demikian, tidak hanya di China, pesawat jenis Boeing 737 telah beberapa kali mengalami kecelakaan besar di Indonesia. Diantaranya seperti kecelakaan jatuhnya Pesawat Adam Air KI 574 rute Surabaya – Manado di Selat Makassar. Kemudian, kecelakaan jatuhnya Pesawat Boeng Lion Air JT 610 rute Jakarta – Pangkal Pinang di Tanjung Karawang, Jawa Barat pada tahun 2018 lalu. Dan kecelakaan jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ182 rute Jakarta – Pontianak di perairan Kepulauan Seribu pada Januari 2021. (Iz)

Bagikan
error: