SKK Migas – PetroChina Tanam Pohon dalam Program Ekowisata Embung Pokdarwis Muntialo Green

sekitarjambi.com – Tanjung Jabung Barat, SKK Migas – PetroChina melakukan penanaman pohon pada kegiatan program Ekowisata Embung Kelompok Sadar Wisata Muntialo Green, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, pada Kamis (16/12/2021). Turut hadir dalam kegiatan ini yakni Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat.

“Alhamdulillah, Kegiatan Penanaman Pohon bersama Bupati Tanjung Jabung Barat berupa Inisiasi Sinergi Program Pengembangan Ekowisata Kebencanaan – Embung Desa Muntialo telah berhasil dilaksanakan,” ujar Comdev Spv. PetroChina International Jabung Ltd., Yulian.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Anwar Sadat dan Comdev Spv. PetroChina International Jabung Ltd. Yulian, turut mengikuti acara panen perdana Nanas Queen (varietas Tangkit) Kelompok Tani Karya Baru, Desa Muntialo, Kecamatan Betara.

“Alhamdulillah, kita punya teman-teman yang disinergikan dengan SKK Migas, PetroChina, dan WKS. Kita berharap di Muntialo ini dapat menghasilkan Nanas Queen yang berkualitas, produksinya cukup baik, dan bisa masuk ke supermarket serta memenuhi pasaran di Kuala Tungkal dan Batam,” ujar Anwar Sadat.

“Harapan kita dengan luas lahan 15 hektare, dan populasi tanaman per hektare sebanyak 10.000 rumpun ini, kita tanam nanas yang sifatnya simultan supaya jangan sampai putus pada saat panen dan berkelanjutan, sehingga bisa memenuhi pasar pertama yakni Kuala Tungkal khususnya,” tambahnya.

Lebih lanjut, Bupati Anwar Sadat berharap, Kecamatan Betara ke depan dapat menjadi ikon Kabupaten Tanjung Jabung Barat, mengingat banyaknya potensi yang dimiliki Kecamatan Betara. Desa Muntialo juga diharap dapat terus mengembangkan BUMDES dan UMKM, terutama terkait perkebunan dan pertanian, yang menurutnya tidak terdampak kondisi pandemi seperti sekarang ini.

Sementara itu, Kepala Desa Muntialo, Muhammad Nasir menyebutkan, buah Nanas Queen sudah menjadi rutinitas sehari-hari dalam pengelolaan yang dilakukan oleh kelompok usaha yang ada di Desa Muntialo.

“Buah Nanas Queen ini, sudah kita kelola menjadi salah satu makanan dan minuman. Seperti sari nanas dan industri makanan jenis dodol,” ujarnya. (Ut)

Bagikan