Jaga Keutuhan NKRI, Bersama Dukung Upaya Deradikalisasi

sekitarjambi.com – Bungo, Aksi terorisme merupakan sebuah tindakan yang bermula dari suatu paham radikalisme yang kuat. Oleh karena itu pemerintah gencar memaksimalkan upaya deradikalisasi sebagai langkah antisipasi. Namun sejauh ini deradikalisasi belum optimal, karena tidak menjangkau masyarakat secara menyeluruh. Akibatnya ideologi radikalisme terus tumbuh subur.

Maka upaya deradikalisasi harus dilakukan secara mendalam dan menyeluruh, yakni tidak hanya menyasar pelaku saja, namun keluarganya patut diutamakan. Dimana seyogyanya proses deradikalisasi dapat berjalan dengan baik, jika bersedia bekerja sama dengan pemerintah, khususnya yang masih memiliki hubungan dengan pihak luar.

Namun beberapa mantan teroris dan eks deportan sudah anti pemerintah, sehingga deradikalisasi tidak berjalan baik. Bahkan mereka menyebut pemerintah dengan sebutan thaghut (musuh). Maka pendekatan melalui keluarga inti diharap dapat menjadi salah satu upaya deradikalisasi yang optimal.

Pendekatan diharap dengan memberikan akses pendidikan bagi keluarga dan membantu perekonomian, yang salah satunya membantu para eks narapidana teroris maupun eks deportan negara Turki dan Syuriah dalam menjalani perekonomian keluarga.

Dalam hal ini, upaya pemerintah dalam membantu perekonomian para eks deportan dilakukan, sebagai bentuk perhatian dari pemerintah dan upaya deradikalisasi keluarga inti dari para pelaku terror, sehingga tidak terpengaruh ataupun terpapar paham terorisme yang dapat menimbulkan permasalahan yang baru, sehingga dapat membuat situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di Provinsi Jambi khususnya Kabupaten Bungo menjadi tidak kondusif. (Tim)

Bagikan
error: