Semarak Bulan K3 Tahun 2024, Pertamina Jambi Field Gelar Lomba Firefighter Physical Attitude Test

sekitarjambi.com – Pada 1 Februari 2024, Kantor Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) Pertamina Jambi Field menjadi saksi kegembiraan dan semangat persaingan tinggi dalam Lomba Firefighter Physical Attitude Test (FPAT). Acara yang dihadiri oleh para pekerja Pertamina Jambi Field ini bertujuan untuk menguji kesiapan dan kehandalan para pekerja dalam menghadapi situasi darurat kebakaran.

Lomba ini diikuti oleh 7 tim dari berbagai fungsi, bersaing ketat dalam menunjukkan kebugaran dan kekuatan fisik, membangun kekompakan tim. Dalam 1 tim terdiri dari 5 orang.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Panitia Semarak Bulan K3 Jambi Field 2024 yang merupakan Officer Emergency Response Pertamina Hulu Rokan Regional 1 Sumatera, Teguh Santoso, yang menyampaikan bahwa lomba ini digelar sebagai bentuk evaluasi fisik yang serius, pentingnya pelatihan dan kesiapan dalam menghadapi potensi kebakaran.

“Kita melihat siapa yang paling cepat, dan dialah yang akan menjadi yang terbaik. Tidak ada tempat untuk kecurangan atau pelanggaran. Semua harus fair dan jujur,” ujarnya.

Teguh menuturkan, pada perlombaan ini pentingnya postur tubuh dan teknik pengangkatan yang benar juga menjadi fokus.

“Ketika mengangkat beban, gunakan kuda-kuda yang kuat. Pastikan kondisi tubuh dan postur Anda sesuai. Jangan sampai mengorbankan keamanan untuk meraih kemenangan,” ujarnya.

Sebagai penutup sambutannya, Teguh menyampaikan terima kasih atas partisipasi seluruh peserta dan mengingatkan untuk tetap menjaga semangat bertanding dengan penuh keceriaan dan keseriusan.

“Selamat bertanding, semoga acara ini sukses dan bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.” tutupnya.

Selanjutnya, Petugas Fire and Safety Pertamina Jambi Field, M. Reyhan, menyampaikan bahwa Lomba FPAT bukan hanya menjadi ujian fisik, tetapi juga peluang untuk memperkuat kolaborasi, meningkatkan kesiapan tim, dan mempromosikan praktik terbaik dalam keselamatan dan keamanan.

“Lomba ini untuk dapat mengetahui kebugaran dan kekuatan fisik yang kemudian peserta mengetahui kebutuhan latihan. Ini sebagai ajang kekompakan juga,” ujarnya.

Sebelum lomba dimulai, Petugas Fire and Safety Pertamina Jambi Field, Derry, memberikan safety induction yang informatif kepada para peserta lomba. Safety induction ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang tindakan yang harus diambil saat terjadi situasi darurat, khususnya kebakaran.

Selanjutnya, para peserta dan seluruh panitia yang hadir sebelum perlombaan dimulai melakukan sesi dokumentasi serta menyuarakan tagline “Jambi Limangewu Seket Siji, Biso, Biso, Pasti Biso. Pertamina, Jaya, Jaya, Jaya. Zero LTI, Kita Bisa.”

Pada perlombaan ini, tim penilai terdiri dari para ahli Fire and Safety Pertamina Jambi Field, yakni Ferdiansyah, Hakon Sitompul, dan M. Reyhan, memainkan peran kunci dalam menilai penampilan para peserta. Melihat sejumlah aspek, termasuk kecepatan, kerja sama tim, dan keahlian teknis dalam menghadapi situasi darurat.

Pengumuman juara 1, 2, dan 3 Lomba Firefighter Physical Attitude Test Tahun 2024 langsung disampaikan kepada seluruh peserta dan tamu undangan usai perlombaan usai.

Juara 1 yakni dari fungsi Well Service (WS) yang beranggotakan Ravi Cahya Pratama, Deery Pratama, Adi Rahmanto, Alvin Andro Legi, dan M. Harto, dengan kecepatan 01.45 detik. Juara 2 yakni dari fungsi Security yang beranggotakan Irwanto, Riki Kurnia, Rama Anggara, Satria Ramadhan, dan Wahyu Pamuji, dengan kecepatan 01.54 detik. Dan juara 3 yakni dari fungsi Well Service (WS) yang beranggotakan Tombang Silaban, Tendi Sopyan, Jerry Karel, Taupiq, dan Syafril P., dengan kecepatan 01.56 detik.

Pada gelaran Lomba Firefighter Physical Attitude Test yang berlangsung di Kantor HSSE Pertamina Jambi Field ini tidak hanya sebagai ajang kompetisi, tetapi juga sebagai upaya nyata dalam meningkatkan kesadaran dan kesiapan tim pemadam kebakaran di tempat kerja. Dengan harapan kegiatan ini dapat terus diadakan untuk meningkatkan keterampilan dan kesadaran kolektif terhadap kebakaran di tempat kerja. (AD)

Bagikan