Saatnya Peserta Didik dan Guru Terampil Belajar Daring Jadi Ulasan Webinar Literasi Digital di Tanjab Timur

sekitarjambi.com – Melalui berbagai aplikasi sebelum pandemi Covid-19, belajar online kerap diperkenalkan. Dimana peserta didik dan guru diminta terampil dan kreatif, agar belajar secara virtual terbilang efektif. Untuk itu, agar pola belajar jarak jauh optimal dan tidak kalah efektif dibanding tatap muka, Kementerian Komunikasi dan Informasi RI secara berkesinambungan menggelar webinar, dalam program Gerakan Nasional Literasi Digital 2021, yang salah satu wilayah tujuannya yakni Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Webinar yang digelar pada Rabu 14 Juli 2021 pukul 09.00 – 12.00 WIB ini, bertajuk “Saatnya Peserta Didik dan Guru Terampil Belajar Daring (Online)”. Kegiatan masif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan Informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini, bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif untuk mengidentifikasi hoaks, serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.

Kegiatan yang diikuti 540 partisipan dari berbagai daerah ini, menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya. Yaitu Rasianna Br Saragih, S.Sos., M.Si. selaku Dosen Ilmu Komunikasi UNIB, Medhanita Dewi Renanti, S.Kom., M.Kom. selaku Dosen Sekolah Vokasi IPB dan Sekretaris Program Studi, Dr. Musli, S.Ag., M.Pd.I. selaku Sekretaris Prodi Akidah Filsafat Islam S2 PPs UIN STS Jambi, dan Ika Kartikasari, S.Si., M.Pd. selaku Guru SMA Negeri 8 Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Bertindak sebagai key opinion leader yakni @yonamarisa yang merupakan Beauty-Preneur, dan acara ini dimoderatori oleh Rizki Al Yusra.

Sebagai narasumber pada webinar kali ini, Musli menuturkan, di era globalisasi seperti saat ini tidak mungkin dihindari adanya era digitalisasi, yang merupakan tuntutan dan pilihan dalam aktivitas sehari-hari.

“Kita harus pandai-pandai menyikapi yang baik, berguna dipakai dan yang buruk serta merusak dijauhi. Melalui webinar ini kita pelajari, sukses selamat barakah selalu,” ujar Musli.

Sebagai narasumber lainnya, Ika Kartikasari mengatakan, kegiatan ini sangat baik dan perlu diagendakan. Tetapi, perlu diperhatikan kondisi dan kesiapan masing-masing daerah.

“Seperti daerah kami Tanjung Jabung Timur, kami terkendala sinyal. Namun intinya webinar ini sangat bermanfaat,” ujar Ika.
Webinar Literasi Digital 2021 yang diikuti puluhan peserta ini digelar secara gratis. Para peserta mendapat E-sertifikat dari Kementerian Kominfo RI, dan ada hadiah voucher menarik untuk 10 peserta yang beruntung. (Tim)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

error: