Puluhan Tahun Menggeluti Usaha Pembuatan Terasi Udang, Mbah Rokayah Mampu Rambah Pasar Luar Negeri

sekitarjambi.com – Kuala Tungkal Tanjab Barat, Sejak tahun 1982, Mbah Rokayah menekuni pembuatan terasi udang. Pengolahan terasi dengan nama Sumber Rejeki Laut milik Rokayah ini telah dirintis sejak puluhan tahun, bermodal seadanya.

Dalam menjalankan usaha ini, Mbah Rokayah awalnya mengerjakan secara tradisional, belum menggunakan mesin, dan kemasannya pun masih menggunakan sumpet dan karung. Namun sejak tahun 2000 hingga tahun 2021, usahanya telah bekembang, hingga proses pengerjaannya pun sudah menggunakan mesin penggiling untuk menghaluskan udang. Dalam hal kemasan pun sudah menggunakan label. Bahan baku udang yang didapat, yakni dari para nelayan lokal.

Diakui Mbah Rokayah, usaha pengolahan terasi ini merupakan binaan Dinas kelautan dan Perikanan Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Terasi yang dihasilkan ini, tidak hanya dipasarkan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, tetapi sudah merambah keluar daerah seperti Kota Jambi, Batam, dan Jakarta. Bahkan sudah sampai keluar negeri, seperti Malaysia.

Usaha yang sudah ditekuni selama 39 tahun ini, telah mendatangkan keuntungan tersendiri bagi keluarga. Dikatakan Mbah Rokayah, omset penjualan dalam satu bulan mencapai 1 hingga 2 juta rupiah. Dalam hal produksi, Mbah Rokayah mengaku bisa menghasilkan terasi 100 kilogram dalam sehari. Setelah melalui proses pengolahan, terasi baru dibungkus dalam kemasan plastik yang memiliki merk tersendiri.

“Saat ini sudah ada lima jenis model terasi. Satu bungkus terasi dijual dengan harga 7 hingga 20 ribu rupiah.” ungkapnya.

Hingga saat ini, terasi yang dihasilkan Mbah Rokayah merupakan salah satu produk lokal, yang dimiliki Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Bagi Anda yang tengah berada di Kota Kuala Tungkal, tidak ada salahnya untuk singgah, membeli, dan mencicipi terasi buatan Mbah Rokayah, dengan alamat Kawasan TPI Parit 7 Kelurahan Tungkal I Kota Kuala Tungkal. (Sry)

Bagikan
error: