Pemkab Tanjung Jabung Barat Apresiasi Keberadaan Petrochina International Jabung Ltd.

sekitarjambi.com – Tanjab Barat, Perusahaan minyak terbesar di Kabupaten Tanjung Jabung Barat yakni PetroChina International Jabung Ltd. telah beroperasi sejak tahun 2002. Seiring dengan beroperasinya, sumbangsih PetroChina terhadap pembangunan daerah turut diacungi jempol. Pasalnya dana bagi hasil untuk APBD Kabupaten Tanjung Jabung Barat dinilai oleh Pemerintah Daerah terlaksana dengan baik. Bahkan keberadaan PetroChina hingga kini mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Kurang lebih 19 tahun beroperasi, Pemerintah Daerah menyatakan tidak pernah kecewa atas komitmen yang disepakati bersama PetroChina. Salah satu dukungan dan apresiasi ini secara langsung diutarakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Ir. H. Agus Sanusi, M.Si.

Sekda Agus Sanusi menuturkan, keberadaan SKK Migas – Petrochina International Jabung Ltd. sangat membantu dan berkontribusi baik terhadap Pemerintah, salah satunya dalam hal pembangunan dan pemberdayaan masyarakat sekitar operasi. Selain itu, kontribusi atas kebermanfaatan program Corporate Sosial Responsibility (CSR) PetroChina secara nyata hingga kini dirasakan masyarakat, diantaranya melalui bantuan pembangunan masjid, sekolah madrasah, jalan dan jembatan penghubung antar desa.

“Bukan hanya bantuan dana CSR saja yang disalurkan, PetroChina turut membantu kami dalam menyerap tenaga kerja local, putra daerah Tanjung Jabung Barat. Kami harap PetroChina dapat terus berkontribusi bagi pembangunan Kabupaten Tanjung Jabung Barat, sebab dana APBD kami terbatas. Dengan adanya kepedulian PetroChina melalui program CSR-nya, pembangunan daerah sangat terbantu.” jelas Sekda Agus Sanusi.

Menanggapi hal tersebut, Vice President HR and Relations Dencio R. Boele menjelaskan, dukungan Pemerintah Daerah dan masyarakat yang tinggal di sekitar sangat besar pengaruhnya bagi keberhasilan kegiatan hulu migas di Blok Jabung.

“Operasi PetroChina di Blok Jabung dapat berjalan lancar karena didukung oleh banyak pihak. Program-program CSR yang selama ini kami laksanakan adalah cara kami memberikan dukungan kembali kepada masyarakat,” ujarnya.

Program-program CSR SKK Migas – PetroChina Jabung dirancang dengan melibatkan Pemerintah Daerah, komunitas, dan para pakar yang kerap berasal dari universitas.

“Kami mengupayakan program pemberdayaan yang sesuai dengan potensi dan kebutuhan masyarakat di sekitar wilayah Blok Jabung,” ujarnya.

Program CSR SKK Migas- PetroChina meliputi program pembangunan fisik di bidang infrastruktur, termasuk pembangunan jalan, jembatan dan fasilitas kesehatan serta pendidikan. Selain itu, perusahaan juga mendukung para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal, melalui berbagai program pemberdayaan.

“Beberapa kelompok yang telah kami dukung adalah petani kopi liberika dan pegiat ekowisata, perajin batik, produsen makanan kecil dan kelompok-kelompok usaha kecil lainnya,” Dencio menjelaskan.

“Kami berharap program-program pemberdayaan kami akan mendorong kemandirian ekonomi dan peningkatan kualitas hidup masyarakat,” tambahnya.(Sry)

Bagikan
error: