Peduli Terhadap Kesehatan Anak, UNICEF Apresiasi Pemerintah Provinsi Jambi

sekitarjambi.com – Banda Aceh, UNICEF memberikan apresiasi kepada Gubernur Jambi, Al Haris, terkait kepeduliannya terhadap kesehatan anak-anak Jambi. Apresiasi tersebut diberikan atas bukti pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Provinsi Jambi 2022.

Apresiasi disampaikan langsung oleh Kepala Perwakilan UNICEF Aceh dan Sumatera, Andi Yoga Tama, pada Rabu (15/6/2022). Menurutnya dengan pencanangan BIAN, cakupan imunisasi meningkat cukup signifikan.

Andi menyebutkan, Gubernur Jambi berperan penting dalam menggerakkan petugas kesehatan untuk menggiatkan imunisasi, guna perlindungan anak dari potensi penyakit-penyakit menular seperti campak, rubela, difteri, pertussis, dan polio yang patut diapresiasi.

“Per tanggal 14 Juni 2022, untuk imunisasi MR atau campak rubella, pergerakannya sampai saat ini memang cukup baik yaitu 32,6 persen dan masuk urutan ke-9 secara nasional, DPT-HB-Hib 27,8 persen dan masuk urutan ke 3 secara nasional tapi cakupan OVP, IPV masih sangat rendah. Imunisasi polio OVP baru mencapai 2,2 persen sedangkan IPV 1,0 persen, sehingga strategi yang mengutamakan siswa di PAUD/TK dan di Posyandu di desa selama siswa SD/MI yang akan ujian dan libur bisa menjadi pertimbangan,” paparnya.

BIAN diselenggarakan pada bulan Mei hingga Juni 2022 dengan sasaran anak mulai usia 9 bulan hingga usia di bawah 12 tahun. Pemerintah daerah dalam hal ini diharap memantau dan mengevaluasi cakupan BIAN hingga bisa mencapai target 95 persen dari sasaran anak yang perlu dilindungi.

“Kami yakin, di bawah arahan pak gubernur, Jambi bisa mencapai target perlindungan anak untuk diimunisasi pada momentum BIAN 2022. InsyaAllah dimudahkan dan dilancarkan,” ujar Andi. (Iz)

Bagikan
error: