Melalui Perpustakaan Keliling, PetroChina Wujudkan Mimpi Literasi Hingga Pelosok Desa Terjun Gajah

sekitarjambi.com – Tanjab Barat, Tidak ada yang menyangka bahwa pandemi Covid-19 berlangsung lama, hingga Oktober 2020 pun urung usai. Di Provinsi Jambi, per 12 Oktober terkonfirmasi Covid-19 mencapai 825 kasus. Di tengah kondisi saat ini, Pemerintah Desa Terjun Gajah tidak mau diam di tengah keterbatasan gerak, akibat pandemi Covid-19. Semangat literasi yang sejak awal digaungkan untuk membangun sumber daya manusia di desa setempat, terus menjadi fokus pergerakan.

Setelah sebelumnya pada 17 September 2020 Perpustakaan Desa Gajah Mandiri binaan PetroChina diumumkan menjadi juara pertama dalam lomba perpustakaan umum desa/kelurahan tingkat Provinsi Jambi Tahun 2020, kini perpustakaan keliling desa setempat akan digulirkan, untuk menjawab kebutuhan membaca masyarakat.

Perpustakaan keliling Desa Terjun Gajah di bawah binaan Perpustakaan Gajah Bina Mandiri kini dalam progres penyelesaian, agar bisa dengan cepat melayani masyarakat, di tengah pandemi Covid-19. Saat ini penyelesaian masih dilakukan di bengkel desa setempat, dalam tahap pembuatan aksesoris.

Kepala Desa Terjun Gajah, Anto Hasibuan menuturkan, realisasi perpustakaan keliling Desa Terjun Gajah merupakan bantuan lengkap dari PetroChina International Jabung Ltd. Bantuan yang diberikan berupa sepeda motor, lengkap dengan bak yang dijadikan perpustakaan.

“Ini bantuan lengkap dari PetroChina. Permohonan bantuan pada Juli 2020, terlaksana Oktober. Proses pengerjaan sejak Agustus 2020. Pembuatan bak dikirim ke Pulau Jawa, setelah selesai baru dikirim ke Jambi. Peralatan yang diberikan bak lengkap dengan sepeda motornya. Bantuan yang diajukan sesuai rekomendasi kebutuhan kami,” ujar Anto.

Meski saat ini perpustakaan keliling Desa Terjun Gajah belum launching, namun diharap dapat bermanfaat untuk meningkatkan minat baca anak-anak di tengah pandemi Covid-19.

“Anak-anak saat ini belum bisa bersekolah, untuk itu kami yang akan datang ke setiap RT di desa, dibantu petugas perpustakaan, untuk keliling dalam seminggu adalah lima hari kerja. Petugas yang bekerja dalam setiap turun ke lapangan ada lima orang, terdiri dari 3 petugas perpustakaan, dibantu oleh Ketua RT dan Kepala Dusun.” papar Anto.

Disebutkan Anto, buku yang akan digunakan untuk perpustakaan keliling, sementara berasal dari Perpustakaan Gajah Binda Mandiri, yang berlokasi di lingkungan kantor Desa Terjun Gajah. Dengan jumlah yang dimiliki saat ini 500 buku bacaan, pihaknya berharap pula kedepannya ada bantuan buku dari PetroChina.

“Kepada pihak PetroChina, dengan adanya bantuan saat ini, kami sangat berterima kasih. Dengan bantuan tersebut, semoga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat kita. Ke depan kami berharap adanya bantuan buku bacaan, karena jumlah buku di Perpustakaan Gajah Bina Mandiri belum memadai. Semoga dengan bantuan yang diterima saat ini, hubungan silaturahmi antara pemerintah dan masyarakat Desa Terjun Gajah dengan pihak PetroChina semakin akrab.” tutup Kepala Desa Terjun Gajah, Anto Hasibuan. (M)

Bagikan

28 thoughts on “Melalui Perpustakaan Keliling, PetroChina Wujudkan Mimpi Literasi Hingga Pelosok Desa Terjun Gajah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: