Komunitas Pemuda Lakukan Deklarasi Penanggulangan Kejahatan Geng Motor

sekitarjambi.com – Kota Jambi, Pada penghujung tahun 2021, peristiwa kejahatan geng motor di Kota Jambi masih terus terjadi. Beberapa kejahatan geng motor yang terjadi yakni seperti perampokan, penjarahan minimarket, dan pencurian dengan kekerasan hingga menelan korban jiwa. Meski polisi telah melakukan berbagai upaya seperti razia dan pembinaan kepada pelaku tersebut, namun peristiwa kejahatan ini masih terjadi sehingga semakin meresahkan warga.

Dalam kesempatan ini, salah satu komunitas yang dikenal memiliki massa yang cukup banyak yakni komunitas motor “Aman Enjoy”, melakukan pertemuan dengan pihak kepolisian di salah satu café di kawasan Kasang, Kota Jambi, Minggu (5/12/21) malam. Pertemuan ini dilakukan dalam rangka membahas sekaligus menjalin kerja sama dengan pihak kepolisian, untuk melakukan pembinaan kepada para geng motor yang ada di Kota Jambi.

Pada pertemuan tersebut, Kasubdit KAMNEG Ditintelkam Polda Jambi, AKBP Zaharuddin memberikan pesan kepada seluruh anggota komunitas “Aman Enjoy” untuk dapat bekerja sama dalam menanggulangi peristiwa kejahatan yang dilakukan para geng motor yang beberapa waktu lalu kembali eksis di Kota Jambi.

“Nantinya komunitas ini akan melakukan pembinaan kepada para geng motor yang ada di Kota Jambi, bekerja sama dengan pihak kepolisian. Salah satu pembinaan yang akan dilakukan yakni memberikan pengetahuan dan bimbingan, terkait bahayanya melakukan kejahatan dengan ditegaskan pada pengetahuan hukum,” tegasnya.

Diketahui, penyebab tidak jeranya geng motor untuk terus bertindak kejahatan yaitu karena kurangnya perhatian keluarga yang menyebabkan para pemuda melakukan penyimpangan sosial, pendidikan agama tidak ditanamkan sejak kecil sehingga kurangnya pegangan hidup, adanya frustrasi sosial karena keluarga miskin tidak bisa menyekolahkan mereka sehingga untuk eksis mereka bergabung ke komunitas geng motor, dan kebanyakan mereka setelah terkena razia tidak ada pembinaan yang berkelanjutan.

Di akhir pertemuan tersebut , dilakukan deklarasi dari para anggota komunitas “Aman Enjoy” yang berbunyi “Pemuda Kasang/Kelompok Pemuda “Aman Enjoy” siap membantu pihak kepolisian dalam menjaga situasi KAMTIBMAS di wilayah Kota Jambi dan sekitarnya tetap kondusif dari aktivitas geng motor anarkis demi terciptanya Kota Jambi yang aman dan nyaman”. (Tim)

Bagikan
error: