Kemarau Baru Dimulai, PDAM Tirta Pengabuan Sudah Tak Beroperasi

sekitarjambi.com – Tanjab Barat_Dampak musim kemarau di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, membuat sejumlah warga kesulitan dalam mencari air bersih. Namun sayangnya air Perusahaan Daerah Air Minum Tirta pengabuan yang menjadi salah satu andalan warga Kuala Tungkal, justru sudah tidak mengalir. Akibatnya ribuan pelanggan PDAM di Kuala Tungkal terancam kesulitan air, dan harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli air bersih.

Bujang, salah seorang warga Kelurahan Patunas, Kecamatan Kuala Tungkal Ilir mengatakan, air PDAM Pengabuan sudah tak mengalir sejak 3 hari yang lalu. Air PDAM yang diolah dari sungai Bram Itam ini memang selama ini hanya bisa digunakan untuk mandi dan mencuci, sedangkan untuk minum ia mengandalkan rebusan air hujan. Dengan padamnya air PDAM, kini Ia harus mengangkut dan membeli air dari salah satu rumah yang memiliki sumur bor. “Bakal susah ne kalau Pdam dak hidup, apolagi kabarnya kemaru tahun ini katanya kemarau panjang,” ujar Bujang pada Senin (12/08/2019).

Direktur PDAM Tirta Pengabuan Ustayadi Berlian saat dikonfirmasi sekitarjambi.com membenarkan penghentian operasi PDAM Tirta pengabuan. Pihaknya pun telah memberikan selebaran jika PDAM tidak bisa didistribusikan seperti biasanya. Sebab diakui Ustayadi mulai 8 Agustus air PDAM tidak bisa lagi mendistribusikan air, dikarenakan sumber air dari Parit Panting mengalami kekeringan. “Setiap kali disedot 5 menit lumpur naik, sedot lagi 5 menit kemudian lumpur yang naik,” tegas Ustayadi.

Untuk meminimalisasi kekeringan yang dialami pelanggannya, pihak PDAM Pengabuan akan mendistribusikan air menggunakan mobil tangki yang ada. Pertanggal 10 agustus 2019, 3 mobil tangki PDAM dijalankan untuk mengisi air ke rumah pelanggan. Pihaknya juga terus mengusahakan agar pendistribusian air dari Tebing Tinggi dapat segera terkoneksi.sehingga krisis air baku pdam dapat teratasi. “Kami harapkan bantuan tambahan sopir dari Pemkab Tanjab Barat, untuk mengantar air ke rumah-rumah warga.” Pungkas Ustayadi. (Sry)

Bagikan

21 thoughts on “Kemarau Baru Dimulai, PDAM Tirta Pengabuan Sudah Tak Beroperasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: