Kelurahan Legok Kota Jambi Terendam Banjir, Aktivitas Warga Gunakan Perahu

sekitarjambi.com – Kota Jambi, Banjir setinggi 1 meter merendam Kelurahan Legok, Kota Jambi, selama 8 hari terakhir. Wisata Danau Sipin juga ikut terkena dampak dan menggangu aktivitas masyarakat.

Salah seorang warga Legok, Rohman, mengatakan bahwa kawasan di sekitar lokasi wisata Danau Sipin sudah terendam. Bahkan jembatan di lokasi wisata pun hampir terendam banjir sehingga membuat akses jalan di Kelurahan Legok ikut terendam dan warga tidak bisa melintas.

“Sudah hampir 8 hari banjir melanda setelah malam tahun baru kemarin. Jalan tidak bisa dilewati, banjir sudah setinggi 1 meter,” ujar Rohman, Senin (8/1/2024).

Ia mengatakan akibat banjir di Kelurahan Legok ini, warga terpaksa menggunakan jasa perahu dan membayar Rp 3 ribu untuk sekali menyebrang dari Legok ke Telanaipura.

Akibat banjir, banyak warga Legok yang memarkirkan kendaraan di sekitar Danau Sipin yang belum terendam, dan dikenai biaya parkir Rp 5 ribu.

Sementara tukang parkir, Raden, menyatakan bahwa pendapatan meningkat karena sepeda motor warga yang terdampak banjir memadati tempat parkir.

“Pendapatan kami Alhamdullilah bertambahlah, kebanyakan orang dari seberang itu masuk sini kalau pengunjung agak sepi. Sehari ada seratus lebih,” ujarnya.

“Ini kan tidak bisa lewat di jogging track itu. Biasanya tiap minggu ada prawedding, ini sekarang tidak ada,” tambahnya.

Banjir juga terus melanda wilayah barat Provinsi Jambi, termasuk Kabupaten Merangin, Sarolangun, Tebo, dan Kabupaten Bungo. Sementara ketinggian air terus bertambah akibat debit air Sungai Batanghari yang masih tinggi. (AD)

Bagikan