RSJ Jambi Siap Rawat CALEG yang Depresi Akibat PEMILU 2024

sekitarjambi.com – Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Daerah Provinsi Jambi menyatakan siap menerima dan merawat para Calon Legislatif (CALEG) yang gagal dan mengalami depresi karena kalah dalam PEMILU 2024.

Hal ini lantaran biasanya para CALEG yang mengikuti kontestasi politik dalam pemilihan dan sudah mengeluarkan modal banyak namun ternyata gagal, kerap mengalami gangguan mental.

Disampaikan oleh Direktur Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Provinsi Jambi, dr. Iwan Hendrawan, menyebutkan bahwa pada kontestasi politik tahun sebelum-sebelumnya belum ada CALEG gagal yang yang masuk dan menjalani perawatan. Hanya saja para CALEG gagal tersebut melakukan konsultasi karena memiliki gejala gelisah atau frustrasi.

“Dari data kita lima tahun yang lalu, tidak ada juga yang masuk ke kita. Biasanya kawan-kawan ini, ketika ada gejala, siapa pun yang frustrasi atau mengalami kendala biasanya mereka konsultasinya ke praktek dokter jiwa atau ke psikolog,” ujarnya pada Selasa (9/1/2024).

Meski demikian, pihaknya menyampaikan siap memfasilitasi dan menampung CALEG yang terkena gangguan mental usai PEMILU 2024 mendatang.

“Kalau ruangan sudah selalu siap karenakan ada kategorinya, ada tiga dia. Tapi, biasanya hanya konsultasi ke dokter jiwa atau psikologi,” ungkapnya.

dr. Iwan Hendrawan menyebutkan, saat ini pihaknya telah menyiapkan sebanyak 260 tempat tidur untuk rawat inap, namun hanya sekitar 200 tempat tidur yang diperuntukkan khusus pasien gangguan jiwa.

“Saat ini terisi 160-an. Insya Allah siap ya,” pungkasnya. (Iz)

Bagikan