JCH Kloter 21 BTH Ishak Yahya Akim Samah Kembali Mengalami Demensia

sekitarjambi.com – Jeddah, Arab Saudi_Sebelumnya pada Kamis (25/7/2019) pukul 03.30 dini hari, jelang keberangkatan menuju Bandara Hang Nadim Batam, tiba-tiba seorang lelaki lansia enggan menaiki anak tangga pesawat, mengikuti penerbangan hingga menuju tanah suci.

Penolakan keberangkatan tersebut terus dilakukan, meski Tim PPIH Provinsi Jambi terkhusus Dinas Perhubungan melalui Ismed Wijaya selaku Kepala Bidang Angkutan Udara, telah sigap mengajak agar sang jemaah naik ke pesawat.

Enggan menaiki pesawat, akhirnya jemaah atas nama Ishak Yahya Akim Samah tersebut urung diberangkatkan menuju Bandara Hang Nadim Batam bersama JCH Kloter 21 BTH, dan dikembalikan ke asrama haji untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan, oleh Tim Posko Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Jambi.

Didapati dari manivest JCH, Ishak Yahya Akim Samah merupakan lansia berusia 77 tahun, beralamat di RT 26 Kelurahan Sungai Putri Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi.

Berdasarkan data awal hasil tes kesehatan dari kecamatan, JCH Ishak Yahya Akim Samah ditetapkan sebagai calon jemaah yang layak terbang, dan memenuhi syarat secara jasmani dan rohani. Namun didapati pada pemeriksaan yang dilakukan di salah satu rumah sakit melalui pengecekan spesialis, dikatakan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Jambi Ali Isha Wardhana, Ishak Yahya Akim Samah didiagnosa mengalami demensia ringan.

“Setelah berangkat ke bandara, ada satu jemaah haji yang tidak jadi berangkat, jadi ada itu demensia. Walaupun waktu sebelumnya memang dinyatakan secara layak terbang, rupanya pas mau berangkat kambuh” ujar Ali Isha kepada sekitarjambi.com

Menanggapi hal tersebut pada Kamis 25 Juli 2019 pagi, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi Muhamad menuturkan, JCH yang gagal berangkat serentak dengan Kloter 21 BTH merupakan lansia berangkat seorang diri. Al hasil JCH tersebut ditunda keberangkatan.

“Tidak perlulah kita risaukan karena persoalan. Ini Jemaah yang lansia, kalo jemaah lansia kita harap maklum. Tapi kami tadi membicarakan dengan keluarganya, kita mendorong beliau untuk berangkat. Tapi sekarang kita sudah komunikasi, kira-kira bagaimana caranya ketika maklum lah orangtua. Kami akan cari solusi bagaimana nanti dalam perjalanan yang kemarin Bapak ini Kloter 21 bisa berangkat” tutur Muhamad.

Keesokan harinya pada keberangkatan JCH Kloter 22 BTH ke Bandara hang Nadim Batam pada Jumat (26/7/2019) dini hari, JCH Ishak Yahya Akim Samah yang sempat ditunda keberangkatan pada Kloter 21 BTH, dinyatakan layak dan dapat terbang hingga tiba di Jeddah Arab Saudi dengan waktu tempuh 8,5 jam perjalanan, dilanjutkan menempuh perjalanan darat menggunakan armada bus untuk tiba di Mekah.

Namun berdasarkan informasi dari Tim Kesehatan Haji Indonesia dr. Yogi pada Sabtu (27/7/2019), JCH Ishak Yahya Akim Samah pada Jumat (26/7/2019) malam kembali mengalami demensia, hingga dirujuk ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia yang berada di Mekah, serta ditangani langsung oleh ahli medis dan dilakukan pemantauan rutin oleh TKHI Kloter 21 BTH dr. Yogi.

Pada Sabtu (27/7/2019) sore Waktu Arab Saudi, JCH Ishak Yahya Akim Samah telah dalam kondisi sehat, namun masih dilakukan perawatan dan observasi. (Tim)

Bagikan

17 thoughts on “JCH Kloter 21 BTH Ishak Yahya Akim Samah Kembali Mengalami Demensia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: