Jadi KLOTER Terakhir Provinsi Jambi, 433 Jemaah Haji BTH 12 Tiba

sekitarjambi.com – Jambi, Jemaah haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang (KLOTER) BTH 12 tiba di Provinsi Jambi tepatnya di Asrama Haji Embarkasi Antara Jambi, Selasa (9/8/2022) sekira pukul 02.15 WIB.

Tiba di asrama haji, seluruh jemaah mengikuti tes antigen yang dilakukan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Provinsi Jambi bersama Dinas Kesehatan Provinsi Jambi. Setelah itu, jemaah yang sudah melakukan tes antigen dipersilahkan memasuki aula asrama haji untuk persiapan mengikuti acara pemulangan jemaah haji Provinsi Jambi tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi.

Hadir secara langsung dalam acara pemulangan tersebut yakni Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Zoztafia, Gubernur Jambi, Al Haris, Asisten I Setda Provinsi Jambi, Apani Saharudin, Wakil Bupati Bungo, H. Safrudin Dwi Apriyanto, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Jambi, Ali Isha Wardhana, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Ismed Wijaya, para Pejabat Eselon III KANWIL Kementerian Agama Provinsi Jambi beserta staf, dan jemaah haji KLOTER BTH 12 yang berjumlah 433 orang.

Dalam laporannya, Ketua KLOTER BTH 12 Provinsi Jambi, H. Herman, menyampaikan bahwa jumlah jemaah yang tiba di tanah air dengan formasi tidak lengkap. Jemaah asal Kabupaten Sarolangun atas nama H. Suseno Ladi Wagio pulang mendahului rombongan (tanazul) dengan alasan mengikuti pemilihan kepala desa, dan jemaah asal Kabupaten Merangin atas nama Hj. Aisah Karim Abdullah, meninggal dunia di Bandara Madinah menjelang keberangkatan ke tanah air, Senin (8/8/2022).

“Saya mengajak kita semua untuk mengirimkan surat Al Fatihah, karena terdapat jemaah yang dalam perjalanan dari pemondokan dan sudah tiba di Bandara Madinah, mendadak pingsan dan rupanya itu ternyata menjadi akhir hayatnya,” tuturnya.

H. Herman juga menyampaikan, jumlah total jemaah KLOTER BTH 12 tiba di tanah air sebanyak 433 orang, terdiri dari 427 jemaah haji reguler, 4 petugas KLOTER, dan 2 Petugas Haji Daerah (PHD).

Sementara itu, Gubernur Jambi, Al Haris, memastikan kondisi jemaah yang tiba di Provinsi Jambi dalam keadaan sehat.

“Kondisi jemaah haji Alhamdulillah semua kondisinya sehat dan semua rangkaian ibadah haji bisa ditunaikan dengan baik. Doa kita semua, jemaah haji kembali ke rumahnya dalam keadaan selamat sehat dan mudah-mudahan Insya Allah menjadi haji yang mabrur,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Zoztafia, menyampaikan terima kasih kepada seluruh petugas yang telah turut serta menyukseskan proses keberangkatan dan pemulangan jemaah haji Provinsi Jambi tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi.

“Karena ini merupakan KLOTER terakhir, kami tentu mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama menyukseskan proses keberangkatan dan pemulangan jemaah haji Provinsi Jambi, baik dari Pemerintah Daerah Provinsi Jambi, TNI/POLRI, Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, KKP Kelas III Jambi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota,” ungkapnya.

“Evaluasinya jemaah haji tahun ini dalam beribadah berjalan dengan lancar sukses, semua kendala-kendala dapat diatasi dengan baik,” tambahnya.

Salah seorang jemaah haji KLOTER BTH 12 asal Kabupaten Sarolangun, Wawan Ridwan Kasna, mengatakan hikmah yang ia dapat usai menunaikan ibadah haji.

“Hikmah yang saya dapat, intinya lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan selalu mengingat kepada yang maha kuasa. Mudah-mudahan kita semua menjadi haji mabrur dan mabruroh,” terangnya.

Sebagai informasi, sebelumnya jemaah haji asal Provinsi Jambi sebelum menuju Jambi melakukan transit di Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Kemudian menuju Jambi menggunakan maskapai Lion Air secara estafet dengan 3 unit pesawat dengan nomor penerbangan JT-5602 berangkat pukul 00.14 WIB, JT-5604 berangkat pukul 00.27 WIB, dan JT-5606 berangkat pukul 00.40 WIB. (Iz)

Bagikan
error: