Harga TBS Kelapa Sawit Kembali Meroket, Capai Rp 3.409,27,- per Kilogram

sekitarjambi.com – Jambi, Harga TBS kelapa sawit di Provinsi Jambi kembali meroket, di kisaran Rp 3.409,27 per kilogram. Angka ini terjadi di pasaran pada periode 21-27 Januari 2022.

Dikatakan oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Agus Rizal, harga TBS kelapa sawit sebelumnya hanya mencapai Rp 3.300,- an, namun di pekan terakhir Januari 2022 terjadi peningkatan harga senilai Rp 100,-.

“Harga sawit naik lagi, meski tak terlalu banyak, tapi ada kenaikan harga,” ungkapnya.

Menurut Agus Rizal, harga tandan buah segar kelapa sawit pada beberapa periode awal tahun 2022 terus mengalami kenaikan, dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Harga TBS kelapa sawit ini diklasifikasikan berdasarkan umur tanaman itu sendiri. Hal ini dilakukan, berdasarkan keputusan tim penetapan harga TBS kelapa sawit bersama petani dan perusahaan terkait yang ada di Provinsi Jambi.

“Ketentuan harga ini ditetapkan berdasarkan kategori umur sawit, dan untuk harga Rp 3409,27,- per kilo ini diberlakukan hanya untuk sawit yang berumur 10-20 tahun,” paparnya.

Dikutip dari infosawit.com, penyebab utama harga kelapa sawit terus meroket adalah tingginya permintaan di pasar internasional. Selain itu peningkatan harga disinyalir lantaran meluasnya kegunaan produk turunan minyak nabati, menjadi bahan baku minyak bio energi yang dikenal sebagai biodiesel. (Iz)

Bagikan
error: