Harga Minyak Goreng Turun, Ketersediaan Langka

sekitarjambi.com – Kota Jambi, Per 1 Februari 2022, harga minyak goreng eceran ditetapkan turun menjadi Rp 11.500,- per liter. Namun pantauan pada Rabu (2/2/22) pagi, minyak goreng sulit ditemukan di sejumlah toko kelontong dan ritel yang ada di Kota Jambi.

Salah satu pemilik toko kelontong di Kawasan Bagan Pete, Mak Itam, mengatakan bahwa hingga hari ini (2/2/22), harga minyak eceran masih normal seperti biasanya.

“Harga minyak eceran masih Rp 16.000,- per liter, kalau yang kemasan dijual Rp 18.000,- per liter, tergantung merek,” ujarnya.

Sementara itu, Gayatri salah seorang SPG toko ritel Alfamart di Kawasan Kota Baru mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan perintah maupun informasi dari atasan untuk ketentuan penurunan harga minyak goreng.

“Stok minyak goreng habis sejak 1 Februari karena banyaknya minat masyarakat untuk membeli dengan harga Rp 14.000,- per liter, dan hingga hari ini (2/2/22) belum ada barang masuk lagi. Atasan kami juga belum menginfokan terkait ketentuan penurunan harga yang terbaru,” ujarnya.

Sementara, pantauan pada salah satu swalayan di Kawasan Simpang Rimbo, Trona Express, untuk pembelian minyak Goreng Rp 14.000,- per liter hanya berlaku untuk pembelian satu item produk minyak goreng, selebihnya harga normal.

“Harga Rp 14.000,- per liter hanya berlaku untuk pembelian satu item produk minyak goreng. Jika membeli dua item, maka item produk yang kedua dibandrol harga normal Rp 18.000,- per liter. Hal ini dilakukan supaya tidak ada panic buying dan stok tercukupi,” ujar Ratri yang merupakan SPG Trona Express.

Diketahui bahwa Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan memberlakukan aturan Harga Eceran Tertinggi (HET) per Selasa (1/2/22). Harga minyak goreng mulai dari jenis minyak goreng curah, minyak goreng kemasan sederhana, dan minyak goreng kemasan premium ditetapkan dengan harga yang berbeda. Untuk harga minyak goreng curah Rp11.500,- per liter, harga minyak goreng kemasan sederhana Rp 13.500,- per liter, dan harga minyak goreng kemasan premium Rp 14.000,- per liter. (Iz)

Bagikan
error: