Dengan Tagline UNJA 4Ever, Universitas Jambi Sukses Gelar Expo, Job Fair, dan Awards 2022

sekitarjambi.com – Mendalo, Dengan mengusung tema UNJA 4Ever (Forever), Universitas Jambi (UNJA) yang menggandeng PT. Searah Media Utama (Searah) sebagai kreator dan penyelenggara, menggelar kegiatan akbar yakni Expo, Job Fair, dan malam penganugerahan atau UNJA Awards, pada 1-3 Desember 2022 di Balairung Universitas Jambi, Mendalo. Kegiatan akbar di tahun 2022 ini merupakan rangkaian Competition, Expo Competition, Event, Job Fair, dan Awards.

Event yang terdiri dari bazar, pameran, pelatihan, dan talkshow digelar selama tiga hari yakni 1-3 Desember 2022, pagi hingga sore hari. Pada padatnya lalu lintas pengunjung stand, turut dimeriahkan oleh gelaran Competition yang terdiri dari UNJA Mencari Bakat dan Kontemporer Dance Competition, serta gelaran Expo Competition yang terdiri dari Video Iklan Produk, Business Model Canvas (BMC), Stand Terbaik, Poster Produk, dan Kemasan Produk.

Gelaran yang dikemas apik ini, salah satu tujuannya yakni sebagai wadah penting bagi sivitas akademika Universitas Jambi dalam berwirausaha dan memajukan produk yang dikreasikan secara original, mulai dari kuliner, cenderamata, fashion, make up, dan aksesoris, serta berbagai produk lainnya. Dalam UNJA Expo 2022 yang diikuti oleh 75 stand ini, turut disponsori oleh Bank Mandiri, Bank BTN, Bank Syariah Indonesia, Bank 9 Jambi, dan Wardah. Berbagai promosi dan inovasi produk pun menjadi moment penting lahirnya kreativitas mahasiswa maupun dosen Universitas Jambi. Tak luput pula, sejumlah UMKM turut memeriahkan UNJA Expo 2022.

Selain itu, pada Job Fair Universitas Jambi SMART 2022, diramaikan oleh 35 perusahaan yang mengisi stand. Al hasil, para alumni Universitas Jambi yang membutuhkan informasi lowongan pekerjaan pun, meramaikan Pelataran Balairung Universitas Jambi.

Pembukaan kegiatan yang digelar pada Kamis, 1 Desember 2022, turut dihadiri oleh Rektor Universitas Jambi, dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Drs. Kamid, M.Si., Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Ir. H. Yusrizal, M.Sc., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc., Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Jambi, Daumi Sutrisno beserta jajaran, sejumlah Kepala Lembaga di lingkup Universitas Jambi, Kepala Badan Pengelola Usaha (BPU) Universitas Jambi dan Kepala maupun perwakilan BPU 19 Perguruan Tinggi se-Indonesia, dan sejumlah pimpinan fakultas di lingkup Universitas Jambi.

Pada laporannya, Ketua Panitia Pelaksana, Dr. Ilham Wahyudi, S.E., M.Si. menjelaskan bahwa Expo digelar untuk mendukung salah satu visi UNJA, yakni menjadi A World Class Entrepreneurship University.

“Tahun 2022 ini, UNJA EXPO berkolaborasi dengan UPT Kemahasiswaan dalam penyelenggaraannya. Kegiatan ini juga diiringi dengan kompetisi-kompetisi nasional yang dilangsungkan selama 3 hari, hasil kompetisi akan diumumkan pada acara puncak di malam UNJA Awards yang dikemas dengan penganugerahan dan pertunjukan seni. Tagline yang diusung pada tahun ini (2022) yakni UNJA 4Ever (Forever), yang memberikan makna untuk senantiasa menjaga kebersamaan UNJA, berkomitmen untuk UNJA, dan menjadi bagian dari UNJA,” jelasnya.

Sementara, pada sambutannya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc. mengatakan bahwa kegiatan Expo dan UNJA Awards 2022 merupakan puncak kegiatan kemahasiswaan yang telah berhasil memenangkan lebih dari 200 kegiatan di tahun 2022.

“Kegiatan ini adalah puncak dari kegiatan kemahasiswaan kita di tahun 2022 ini. Lebih dari 200 kegiatan di tahun 2022 dimenangkan oleh para mahasiswa kita, dua diantaranya adalah kegiatan internasional. PEKSIMINAS dan POMNAS juga mengalami kenaikan prestasi dibanding tahun sebelumnya. Pada POMNAS, ada kenaikan medali 300% pada tahun ini (2022),” paparnya.

Pembukaan yang secara resmi dilakukan oleh Rektor Universitas Jambi, dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik yakni Dr. Drs. Kamid, M.Si., ditandai dengan melepas sepasang Burung Merpati. Hal ini bukan tanpa makna, melainkan Universitas Jambi yang kini telah dicanangkan sebagai salah satu kampus hijau, dengan berbagai upaya dan kolaborasi, berkomitmen untuk melestarikan alam.

Pada gelaran yang dilangsungkan dalam kolaborasi UNJA Expo dan Job Fair UNJA SMART 2022, turut diisi oleh berbagai talkshow, dengan menghadirkan berbagai isu pembahasan yang menarik dan terkini oleh sejumlah narasumber dari 7 Fakultas dan Pascasarjana Universitas Jambi. Diantaranya yakni Talkshow Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang mengangkat tema Memaknai Momentum Peringatan Hari Guru 25 November, Talkshow Fakultas Pertanian yang mengangkat tema Smart Agriculture, Pilihan Cerdas Generasi Milenial Berwirausaha, Talkshow Pascasarjana yang mengangkat tema Rencana Karier Setelah Lulus S2, Talkshow Fakultas Sains dan Teknologi yang mengangkat tema Inovasi untuk Membangun Startup, Talkshow Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan yang mengangkat tema Personal Branding, dan Talkshow Fakultas Peternakan yang mengangkat tema Reduksi Emisi Karbon dari Sektor Peternakan. Selain itu, kehebohan panggung UNJA Expo & Job Fair UNJA SMART 2022 turut dimeriahkan oleh talkshow dan doorprize yang diisi oleh Bank Mandiri, Wardah, BSI, serta perwakilan perusahaan yang mengikuti Job Fair.

“Alhamdulillah 3 hari bazar bisa tembus pendapatan 2,5 juta.” ujar Rima Mustika Ayu, salah seorang peserta stand UNJA Expo 2022.

“Alhamdulillah 3 hari bazar, tembus satu meja stand IBT Rp 3.500.000,-“ ujar Pendrawati, yang juga merupakan peserta stand UNJA Expo 2022.

Sukses pada gelaran UNJA Expo & JOB Fair UNJA SMART 2022, sebagai puncak acara yakni malam puncak UNJA Expo & Awards 2022, yang digelar pada Sabtu, 3 Desember 2022 di Gedung Balairung Universitas Jambi. Dihadiri oleh para tamu undangan dan sekira 4.500 sivitas akademika Universitas Jambi yang terdiri dari tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan mahasiswa/i. Malam puncak UNJA Expo dan Awards 2022, dibuka oleh persembahan performance Tanah Melayu dari Orkestra dan Sendratasik Universitas Jambi, serta aksi panahan oleh Sonia Ariani S. yang merupakan mahasiswi Universitas jambi yang beprestasi dalam kejuaraan memanah tingkat regional hingga nasional.

Pada moment awal malam puncak ini, diisi oleh lantunan merdu pembacaan ayat suci dan saritilawah, serta pembacaan doa. Dilanjutkan dengan performance medley lagu nusantara oleh mahasiswa/i Universitas Jambi dan aksi suara merdu Dr. Ilham Wahyudi selaku Ketua Panitia Pelaksana diiringi penampilan atlet PERSANI Jambi dan atlet POMNAS Tarung Derajat Kodrat Jambi.

Hadir pada malam puncak UNJA Expo & Awards 2022 yakni Gubernur Jambi, Al Haris, Rektor Universitas Jambi yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Drs. Kamid, M.Si., Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Ir. H. Yusrizal, M.Sc., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc., Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi, Prof. Dr. rer.nat. Rayandra Asyhar, M.Si., Anggota DPR RI, H. Bakri, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Jambi, Daumi Sutrisno, Dekan dan Wakil Dekan lingkup Universitas Jambi, Rektor Universitas Jambi periode tahun 2003-2012, Dr. H. Kemas Arsyad Somad, S.H., M.H., para pimpinan perusahaan mitra kerja Universitas Jambi, alumni Universitas Jambi sekaligus mantan Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr. Ir. Safrial, MS, unsur FORKOPIMDA dan Kepala OPD lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, pimpinan perguruan tinggi se-Provinsi Jambi, serta tamu undangan lainnya.

“Acara ini luar biasa, ini semua terlaksana berkat dukungan dari semua pihak. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih, dan mudah-mudahan dengan gerak cepat kita ini Universitas Jambi saat ini merupakan Universitas dengan predikat BLU, semoga tahun depan kita sudah PTN-BH,” ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jambi, Dr. Drs. Kamid, M.Si.

Pada sambutannya, Gubernur Jambi, Al Haris, mengapresiai kegiatan Expo, Job Fair, dan UNJA Awards 2022.

“UNJA adalah universitas yang tidak hanya mendidik anak-anak kita untuk belajar tetapi juga melatih anak-anak untuk menjadi entrepreneur. Salah satunya dengan memberikan wadah seperti penyelenggaraan expo. Saya berharap mahasiswa yang sudah mulai berwirausaha ini usahanya semakin berkembang, semakin maju, dan bisa membuka lapangan kerja baru,” terangnya.

Tidak kalah apiknya, kemeriahan gelaran ini turut diisi oleh performance Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Ir. H. Yusrizal, M.Sc., Ph.D. yang membawakan lagu “Buih Jadi Permadani” dan Gubernur Jambi, Al Haris yang berduet dengan H. Bakri membawakan lagu “Menunggu Kamu”.

Pada malam puncak yang diisi oleh beragam kreativitas apik dari para seniman dan olahragawan Universitas Jambi ini, sebagai moment yang ditunggu yakni pembacaan nominasi dan informasi pemenang yang dibacakan oleh mahasiswa/i terbaik Universitas Jambi, dengan rincian yakni sebagai berikut:

  1. Poster Produk dengan peraih penghargaan terbaik yakni Kompos ARM dari Fakultas Peternakan Universitas Jambi
  2. Kemasan Produk dengan peraih penghargaan terbaik yakni Nakrezz dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  3. Business Model Canvas dengan peraih penghargaan terbaik yakni De Wasku dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  4. Stand Terbaik dengan peraih penghargaan terbaik yakni Gubuk Nenas dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  5. Video Iklan Produk dengan peraih penghargaan terbaik yakni Driva Whitening dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  6. Mitra dalam Perkembangan Universitas Jambi dengan peraih penghargaan yakni Bank Mandiri
  7. Media yang Berperan Aktif dalam Publikasi Universitas Jambi dengan peraih penghargaan yakni Antara News Jambi, TVRI Jambi, Jambi Independent, Jambi One, Jambi Ekspres, Tribun Jambi, Metro Jambi, dan RRI Jambi
  8. Alumni yang Berperan Aktif dalam Kemajuan Universitas Jambi dengan peraih penghargaan yakni Dr. Ir. Safrial, MS dari Fakultas Peternakan Universitas Jambi
  9. Life Achievement dengan peraih penghargaan yakni Dr. H. Kemas Arsyad Somad, S.H., M.H. yang merupakan Rektor Universitas Jambi periode 2003-2012
  10. UNJA Entrepreneur dengan peraih penghargaan terbaik yakni Yoppy Setyantoro dari Fakultas Pertanian Universitas Jambi
  11. Facility Care dengan peraih penghargaan terbaik yakni Kasiman dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  12. Mahasiswa Terfavorit dengan peraih penghargaan terbaik yakni Tazkiyah Aulia dari Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi
  13. Dosen Terfavorit dengan peraih penghargaan terbaik yakni Dr. Helmi, S.H., M.H. dari Fakultas Hukum Universitas Jambu
  14. Program Studi Terbaik melalui penilaian Indikator Kerja Utama (IKU) dengan peraih penghargaan yakni Program Studi Bahasa Arab Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi
  15. Fakultas terbaik melalui penilaian Indikator Kerja Utama (IKU) dengan peraih penghargaan yakni Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi
  16. Kontemporer Dance dengan peraih penghargaan terbaik yakni Rispuso dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi
  17. UNJA Mencari Bakat dengan peraih penghargaan terbaik yakni Agustian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi

Para pemenang meraih penghargaan berupa piala, sertifikat penghargaan, serta hadiah dari sponsorship yakni Bank Mandiri, BTN, dan BSI. Pada gelaran ini, turut diumumkan pemenang Duta Green Campus Universitas Jambi Tahun 2022 yakni Diyah Ayu Putri Maharani dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi dan Muhamad Afrizal dari Fakultas Hukum Universitas Jambi.

Gelaran malam puncak UNJA Expo & Awards 2022 tutur dimeriahkan dengan pengundian tiket keberuntungan dan kursi keberuntungan serta pertanyaan seputar Universitas Jambi, dengan beragam hadiah yang diberikan oleh Universitas Jambi dan Bank 9 Jambi. (Iz/Mk)

www.unja.ac.id

Bagikan
error: