Demo Kenaikan BBM, Emak-Emak Geruduk Kantor DPRD Provinsi Jambi Bawa Atribut Perkakas Dapur

sekitarjambi.com – Jambi, Puluhan ibu rumah tangga yang tergabung dalam aliansi dan organisasi perempuan menggeruduk Gedung DPRD Provinsi Jambi yang berlokasi di Telanaipura, Kota Jambi. Emak-emak tersebut melakukan aksi demo terkait kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang tentunya berdampak pada harga kebutuhan pokok rumah tangga, Senin (19/9/2022).

Menariknya, demonstrasi kali ini berbeda dengan aksi serupa lainnya. Para IRT ini selain membawa atribut spanduk, juga diketahui membawa perkakas dapur seperti, teflon, panic, spatula, galon air minum, hingga sapu.

“Karena BBM naik, semua harga naik, sedangkan pemasukan kita tidak naik. Ini juga berpotensi masyarakat menengah bawah semakin miskin,” ujar Endang selaku koordinator lapangan saat berorasi.

Menurut para IRT yang turut bersuara pada aksi demo tersebut, dapur para emak di Jambi baru mulai mengepul setelah dua tahun pasca pandemi Covid-19. Namun hanya selang waktu yang singkat, muncul aturan dan kebijakan baru yang menurutnya kurang masuk akal.

“Bantuan subsidi BBM apakah bisa memenuhi kebutuhan, tentu tidak. Kami meminta harga BBM dikembalikan seperti semula. Ini dapur baru mau mengepul karena pandemi Covid-19, tapi malah langsung dihadapkan kembali dengan kenaikan harga BBM,” ungkapnya. (Iz)

Bagikan
error: