Apresiasi dan Tingkatkan Kompetensi Jurnalis, Pertamina Hulu Rokan Regional Sumatera Zona 4 Bersama PWI Gelar Safari Jurnalistik 2022

sekitarjambi.com – Palembang, PT Pertamina Hulu Rokan Regional Sumatera Zona 4 menggelar kegiatan Safari Jurnalistik dengan mengangkat tema “Peran Media Dalam Membangun Reputasi Industri Hulu Migas Sebagai Penggerak Ekonomi Nasional”, Jumat (11/11/2022). Kegiatan ini terselenggara atas inisiasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, dalam menggerakkan program pendidikan berkelanjutan kepada awak media.

Safari Jurnalistik 2022 yang digelar di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan, yakni bertempat di Beston Hotel ini, dihadiri langsung oleh 43 peserta yang tergabung dalam organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Selatan yang berasal dari Kota Palembang dan sembilan (9) kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan, undangan dari dinas/instansi terkait, serta akademisi.

Hadir dalam pembukaan Safari Jurnalistik 2022, yakni Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru, Ketua Umum PWI Pusat, Atal S. Depari, Ketua PWI Sumatera Selatan, Firdaus Komar, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumatera Bagian Selatan, Anggono Mahendrawan, General Manager PT Pertamina Hulu Rokan Regional Sumatera Zona 4, Agus Amperianto, Direktur Sekolah Jurnalisme Indonesia PWI Pusat, Ahmed Kurnia, para narasumber, tamu undangan, dan rekan-rekan Pertamina Hulu Rokan dari Regional Sumatera dan Zona 4.

Mewakili PT Pertamina Hulu Rokan Regional Sumatera Zona 4, dalam sambutannya, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumatera Bagian Selatan, Anggono Mahendrawan mengatakan, Safari Jurnalistik 2022 dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi dari Pertamina Hulu Rokan kepada para jurnalis di Provinsi Sumatera Selatan, yang telah membantu mengedukasi kepada masyarakat dalam membangun reputasi industri hulu minyak dan gas sebagai penggerak ekonomi nasional.

“PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) kami dalam menjalankan industri hulu migas di SUMSEL, tentunya kita dalam menjalankan bisnis ini juga dibantu oleh para jurnalis ataupun wartawan untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat,” ujarnya.

“Pada kesempatan ajang silaturahmi ini, kami juga mengucapkan terima kasih atas peran rekan-rekan wartawan khususnya PWI, dalam membantu menyosialisasikan kegiatan hulu migas di lapangan. Kami sangat berharap tercipta sinergisitas kerja antara hulu migas dan rekan-rekan sekalian yang dapat memberikan nilai manfaat bagi bangsa dan negara ini,” tambahnya.

Atal S. Depari selaku Ketua PWI Pusat, dalam sambutannya menuturkan, kompetensi jurnalis dalam perkembangan media massa perlu ditingkatkan. Hal ini, karena media massa dinilai memiliki keunggulan yang dapat mempengaruhi pemikiran manusia, baik pengaruh positif maupun negatif.

“Kegiatan Safari Jurnalistik ini merupakan studi penting untuk para jurnalis, seperti layaknya para jurnalis atau wartawan mengikuti uji kompetensi tingkat utama,” ujarnya.

“Peran media massa, kami harap bisa menangkap dan menyiarkan setiap peluang bagi industri hulu migas untuk terus berkembang. Kami hadir melalui Safari Jurnalistik ini untuk menularkan hal-hal positif bagi teman-teman wartawan di Sumatera Selatan,” tambahnya.

Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru, dalam kesempatan membuka langsung Safari Jurnalistik 2022, ditandai dengan pemukulan gong. Ia sangat mengapresiasi organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), SKK Migas, dan Pertamina Hulu Rokan yang secara bersama menyelenggarakan kegiatan Safari Jurnalistik 2022.

“Kegiatan ini sangat menarik karena PWI bekerja sama dengan KKKS-nya SKK Migas dalam rangka menyikapi transformasi digital yang perlu dipersiapkan dengan solid dan pikiran yang terbuka untuk belajar,” ujarnya.

Pada Safari Jurnalistik 2022, diisi oleh sesi panel diskusi dan workshop. Sesi panel diskusi diisi oleh Nurjaman Mochtar selaku Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat memaparkan “Strategi Menghadapi Disrupsi Teknologi: Membaca Peluang Wartawan”, Ahmed Kurnia selaku Direktur Sekolah Jurnalisme Indonesa PWI Pusat memaparkan “Peluang Wartawan/Konten Kreator di Era Dinamika Platform”, dan Suprapto selaku Wakil Sekjen III PWI Pusat memaparkan “Menulis Konten yang Shareable”.

Sementara pada sesi workshop, diisi oleh Wendiyanto Saputro selaku Pemimpin Redaksi Kumparan Bisnis mengulas “How to Share the Content”, Hariqo Wibawa Satria selaku Direktur Eksekutif Komunikonten mengulas “Menangkap Peluang Bisnis di Media Sosial, dan Merdi Sofansyah selaku Jurnalis Senior mengulas “Wartawan Masa Depan: Multitasking Journalist”

Keseruan Safari Jurnalistik 2022 yang diorganisir oleh PT. Searah Media Utama (Searah) dihadirkan dalam penilaian dan evaluasi karya yang diikuti oleh seluruh peserta. Pengumuman hasil video kreatif yang dilombakan pada kegiatan ini menjadi penutup Safari Jurnalistik 2022 oleh Pertamina Hulu Rokan (PHR) bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). (Iz/Mk)

Bagikan