4 Bahan Masakan yang Ampuh Usir Kutu Beras

sekitarjambi.com – Saat menyimpan beras di rumah, masalah yang kerap muncul adalah risiko kutu yang menghinggapinya.

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa bahan masakan yang ada di dapur dapat secara ampuh mengusir kutu di beras. Berikut beserta tips sederhana yang dapat Anda terapkan agar beras tetap bersih dari serangan kutu dan kotoran:

  1. Manfaatkan Cengkeh

Cengkeh selain sebagai bahan rempah untuk menambah rasa hidangan, juga efektif dalam mencegah kutu pada beras. Aroma dari cengkeh sangat tidak disukai oleh kutu dan serangga lainnya.

Untuk menggunakannya, cukup letakkan cengkeh di tengah-tengah beras. Jika aromanya mulai memudar, gantilah dengan cengkeh yang baru.

  1. Gunakan Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya memberikan aroma yang khas pada masakan, tetapi juga dapat mengusir serangga yang hinggap pada beras. Potong-potong bawang putih dan taburkan di beberapa sudut wadah penyimpanan beras. Jika aroma bawang putih mulai berkurang, gantilah dengan bawang putih yang baru untuk menjaga efektivitasnya.

  1. Tambahkan Daun Salam atau Kulit Jeruk

Daun salam dan kulit jeruk memiliki aroma khas yang mampu mengusir kutu beras. Selain itu, keduanya juga dapat menambah citarasa pada beras ketika dimasak.

Cara penggunaannya cukup mudah, cukup ikat daun salam bersama kulit jeruk menjadi satu, lalu letakkan di permukaan beras dalam wadah penyimpanan dan pastikan untuk menutup rapat wadah penyimpanan.

  1. Masukkan Cabai Rawit ke Dalam Beras

Siapa sangka jika cabai rawit ternyata bisa diandalkan untuk mencegah kutu menghinggapi beras yang Anda miliki.

Cara ini mungkin agak mengkhawatirkan.Tapi, tenang saja, sebab sensasi pedas pada cabai rawit sendiri tidak akan mempengaruhi citarasa dari beras itu sendiri. Cabai rawit dapat dimanfaatkan karena memiliki aroma yang dibenci oleh kutu dan serangga lainnya.

Cara menggunakannya pun juga terbilang mudah. Cukup masukkan saja beberapa buah cabai rawit ke dalam beras. Mau Anda simpan berminggu-minggu atau berbulan-bulan lamanya, beras akan tetap terjaga keawetannya dan tentunya bebas dari hinggapan kutu yang mengganggu. (AD)

Bagikan