Cara Mengolah Daging Kurban Kambing Agar Tidak Bau

sekitarjambi.com – Musim kurban selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Kambing menjadi salah satu hewan kurban yang paling umum di Indonesia. Sayangnya, daging kambing sering kali meninggalkan bau tidak sedap saat diolah. Hal tersebut bakal mengganggu kenikmatan menikmati sajian olahan kambing.

Tantangan dalam mengolah daging kurban kambing adalah menghilangkan bau tidak sedap atau prengus yang seringkali muncul.

Berikut beberapa cara yang efektif untuk mengolah daging kambing agar tidak berbau, dikutip dari berbagai sumber:

  1. Pilih Daging yang Segar

Kunci pertama dalam mengolah daging kambing adalah memilih daging yang segar. Daging yang segar biasanya memiliki warna merah cerah dan tidak mengeluarkan bau yang menyengat. Pastikan juga untuk memotong daging segera setelah penyembelihan dan membersihkannya dengan baik.

  1. Bersihkan dengan Air Mengalir

Setelah dipotong, cuci daging kambing di bawah air mengalir untuk menghilangkan darah yang masih menempel. Darah yang tersisa pada daging dapat menyebabkan bau tidak sedap. Jangan lupa untuk membuang bagian lemak yang berlebih karena lemak kambing sering kali menjadi sumber bau prengus.

  1. Gunakan Jeruk Nipis atau Lemon

Jeruk nipis atau lemon sangat efektif dalam menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Lumuri daging kambing dengan perasan jeruk nipis atau lemon, lalu diamkan selama 30 menit. Selain menghilangkan bau, jeruk nipis juga dapat membantu melunakkan daging.

  1. Rebus dengan Rempah-rempah

Rebus daging kambing dengan rempah-rempah seperti daun salam, serai, jahe, dan lengkuas. Rempah-rempah tersebut dapat membantu menetralisir bau prengus dan memberikan aroma yang lebih sedap pada daging kambing. Rebus daging hingga setengah matang sebelum diolah lebih lanjut.

  1. Marinasi dengan Bumbu Khas

Marinasi daging kambing dengan bumbu-bumbu khas seperti ketumbar, kunyit, bawang putih, dan bawang merah. Diamkan daging dalam bumbu marinasi selama beberapa jam atau semalaman agar bumbu meresap sempurna. Marinasi tidak hanya menghilangkan bau, tetapi juga membuat daging lebih lezat.

  1. Hindari Memasak dengan Api Besar

Memasak daging kambing dengan api besar dapat membuat bau prengus lebih kuat. Sebaiknya gunakan api sedang atau kecil dan masak dengan cara perlahan agar daging matang merata dan bau prengus hilang.

Dengan menerapkan beberapa cara di atas, daging kurban kambing yang diolah akan menjadi lebih lezat dan bebas dari bau prengus. Selamat mencoba dan semoga sajian daging kurban kambing semakin dinikmati oleh keluarga dan kerabat. (Iz)

Bagikan