Sumur Minyak Pertamina di Lopak Alai Terbakar

sekitarjambi.com – Muaro Jambi, Rabu 14 Oktober sekira pukul 17,30 WIB, warga Desa Kumpeh di Rig Puspa 01 RT 05 Desa Lopak Alai Kecamatan Kumpeh Ulu, dihebohkan dengan kejadian kebakaran di lokasi sumur minyak milik Pertamina.

Terlihat di beberapa video amatir yang diambil oleh seorang warga Kumpeh Desa Lopak Alay, beberapa kali terdengar bunyi letusan, yang berasal dari api tersebut, dan terlihat api yang begitu besar membakar menara rig milik Pertamina.

Disampaikan oleh Kapolsek Kumpeh Ulu, AKP Rafisal, berdasarkan keterangan dari beberapa orang pekerja Pertamina, api berasal dari arah dalam sumur.

“Terdengar suara mendesis, yang seketika api menjalar dengan cepat, membakar menara rig dan terjadi ledakan sebanyak empat kali. Ini terjadi pada saat pihak Pertamina tengah melakukan pembersihan, atau service pada pipa sumur yang telah beroperasi sekira 2 tahun terakhir.” ujarnya.

Atas kejadian ini, dengan cepat pihak damkar langsung memadamkan api, dan api berhasil dipadamkan selama 4 jam petugas berjibaku dengan api. Pada kejadian ini, ada seorang pekerja yang mengalami luka bakar, dan dilarikan ke rumah sakit.

Field Manager Pertamina EP Jambi, Hermansyah dalam keterangannya menjelaskan, PPS-01 adalah sumur produksi, yang tengah dilakukan pekerjaan perawatan sumur atau well service, sebagai upaya untuk meningkatkan produksi minyak dari sumur tersebut. Saat ini pihaknya masih melakukan investigasi menyeluruh atas kejadian kebakaran.

“Dapat dipastikan bahwa api telah berhasil teratasi, dan monitoring lokasi akan terus dilakukan. Pemadaman api ini sendiri dibantu oleh petugas damkar dan pihak Polsek Kumpeh Ulu.” paparnya. (Nf/Asr)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: