Sukseskan Program MBKM, Universitas Jambi Jalin Kerja Sama Dengan PMI

sekitarjambi.com – Mendalo Muaro Jambi, Selasa (15/6) sore, Universitas Jambi menjalin kerja sama dengan Palang Merah Indonesia Provinsi Jambi. Ini dilakukan guna memenuhi salah satu hak mahasiswa dan dosen, dalam program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, yakni proyek kemanusiaan.

Dalam program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, ada delapan hak mahasiswa yang harus dipenuhi, salah satunya proyek kemanusiaan. Maka dari itu kerja sama yang dilakukan Universitas Jambi dengan PMI Provinsi Jambi dalam bentuk penandatanganan, merupakan langkah untuk memenuhi hal tersebut.

Rektor Universitas Jambi, Prof. Sutrisno mengatakan, proyek kemanusiaan tersebut tidak hanya dibutuhkan oleh mahasiswa, namun juga dibutuhkan oleh dosen. Contohnya dalam suatu bencana alam, PMI memiliki andil yang cukup besar dalam melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap korban bencana alam. Kemudian melalui kegiatan tersebut, dosen dan mahasiswa Universitas Jambi dapat berkolaborasi dengan PMI Provinsi Jambi, dalam proyek kemanusiaan.

“Melalui kerja sama dengan PMI, Dosen Universitas Jambi dapat melakukan pengabdian kepada masyarakat, dan mahasiswa Universitas Jambi dapat melaksanakan kuliah lapangan di lokasi bencana alam tersebut. Bahkan kuliah lapangan tersebut akan dihitung sebagai salah satu mata kuliah, sesuai dengan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka dari Kementerian.” ujar Prof. Sutrisno.

Sementara itu, Ketua PMI Provinsi Jambi, Hasan Basri Agus menyambut baik kerja sama dengan Universitas Jambi tersebut. Selain mendukung program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, kerja sama ini dilakukan juga mendukung program yang dicanangkan oleh PMI, seperti pemenuhan kebutuhan darah.

“Universitas Jambi memiliki ribuan mahasiswa, sehingga sangat dibutuhkan dalam kegiatan sosial donor darah. Terima kasih atas kerja sama ini, semoga program-program yang akan dilakukan dapat bersinergi. Melalui kerja sama ini, diharapkan masyarakat akan lebih mengenal PMI. Dimana melalui program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, Perguruan Tinggi akan lebih intens berhubungan dan berinteraksi dengan masyarakat.” ujarnya.

Diketahui, saat ini Universitas Jambi telah bekerja sama dengan desa-desa yang tersebar di kabupaten dan kota untuk membentuk desa wisata, laboratorium desa terpadu, dan beberapa kerja sama lainnya guna meningkatkan potensi desa. (Tim)

Bagikan
error: