Sejumlah Parpol Munculkan Penantang Romi-Robby di Pilbup Tanjabtim

sekitarjambi.com – Tanjab Timur, Perhelatan pemilihan Kepala Daerah tahun 2020 di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, saat ini mulai menghangat. Setelah pasangan calon petahana Romi-Robby kembali mendaftar dari jalur perseorangan, kini partai politik mulai memikirkan calon penantang sang petahana. Sejumlah petinggi partai politik melakukan pertemuan, untuk menyatukan komitmen mendukung Abdul Rasyid dan Anwar, sebagai pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati.

Adapun 4 parpol tersebut yakni Golkar, PDI Perjuangan, Nasdem, dan Gerindra. Keempatnya kini mulai merapatkan barisan, membangun gerbong koalisi dengan akumulasi 11 kursi, yakni Golkar 4 kursi, PDIP 3 kursi, Nasdem 2 kursi, dan Gerindra 2 kursi. 4 parpol dipastikan dapat mengusung bapaslon Bupati dan Wakil Bupati, dalam pilkada Tanjabtim nantinya. Upaya membangun arah koalisi 4 parpol untuk menghadapi Pilkada 2020 Tanjab Timur tersebut, ditandai dengan adanya pertemuan tertutup para pimpinan parpol Golkar, PDIP, Nasdem, dan Gerindra Tanjabtim di kantor DPD II Golkar Tanjab Timur.

Hadir dalam pertemuan tersebut yakni Ketua DPD II partai Golkar Tanjabtim Muhammad Juber, Ketua DPC PDIP Tanjabtim Gatot Sumarto, Ketua DPD Nasdem Tanjabtim Joyo Kamin, dan Ketua DPC Gerindra Tanjabtim Azhar Idris.

Selain 4 pimpinan parpol tersebut, pertemuan ini juga dihadiri oleh pimpinan parpol di luar parlemen Tanjabtim, atau parpol yang tidak memiliki kursi di DPRD Tanjabtim, yakni PKS dan PPP.

Ketua DPD II partai Golkar Kabupaten Tanjabtim, Muhammad Juber mengatakan, Golkar, PDIP, Nasdem, Gerindra, PKS, dan PPP telah sepakat menentukan Bapaslon yang akan direkomendasikan, untuk diikutsertakan dalam Pilkada Tanjabtim tahun 2020. “Ini adalah langkah yang bagus agar persaingan mendapatkan kursi tertinggi di Tanjung Jabung Timur lebih membuat masyarakat memiliki perbandingan,” jelasnya.

Juber menjelaskan, gerbong koalisi parpol di Tanjabtim ini sudah memiliki dua nama, yang akan digiring maju di Pilkada Tanjabtim dan sifatnya masih berupa gagasan dan rekomendasi. Dalam hal ini, tentunya harus dengan mekanisme dan persetujuan pengurus DPP. Kedua Bapaslon yang direkomendasikan ialah Abdul Rasid sebagai calon Bupati, dan Anwar sebagai calon Wakil Bupati.

Dijelaskan Juber, masih ada dua parpol lagi yang memiliki kursi di DPRD Tanjabtim, yakni Hanura dengan perolehan satu kursi, dan PBB satu kursi. Juber optimis dua parpol tersebut akan ikut bergabung dengan gerbong koalisi yang dibangun Golkar, PDIP, Nasdem, Gerindra, PKS, dan PPP.

Untuk diketahui, Abdul Rasid saat ini masih menjabat sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Tanjab Timur. Sementara Anwar diketahui merupakan mantan anggota DPRD Tanjabtim dari partai Demokrat periode 2014-2019.

Selain sejumlah partai kecil ini, juga menarik ditunggu apakah Partai Amanat Nasional akan ikut memunculkan pasangan calon Bupati Tanjabtim yang baru, atau justru memilih mendukung pasangan Romi-Robby yang menggunakan jalur non partai. PAN selaku pemilik 17 kursi atau 56,7 persen kursi di DPRD Tanjabtim, akan dengan leluasa memilih calonnya sendiri, tanpa membangun gerbang koalisi. (Rma)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: