Sampah di Pintu Air Sungai Asam Capai 24 Ton Per Bulan

sekitarjambi.com – Kota Jambi, Jumlah sampah di pintu air Kelurahan Sungai Asam terus meningkat, sejak datangnya musim penghujan. Hal ini terlihat saat sekitarjambi.com melihat secara langsung pengerukan sampah di pintu air yang dibangun BWSS VI Jambi tersebut.

Menurut keterangan PPK OP SDA BWSS VI Jambi Hernanda Kristandi, dalam sekali evakuasi penjaringan, sampah di pintu air Sungai Asam mencapai 3 ton. 75 persen sampah tersebut merupakan sampah plastik.

Jika pada hari normal, biasanya dalam sebulan hanya 4 kali evakuasi penjaringan sampah. Namun di musim penghujan, evakuasi penjaringan sampah dilakukan 8 kali dalam sebulan. Selain menggunakan tenaga listrik, penarikan sampah juga menggunakan genset dengan menghabiskan 150 liter solar industri. D alam sekali evakuasi menghabiskan anggaran sekitar 20 juta rupiah. “Kita sudah berkoordinasi dengan pemerintah kota mengenai hal ini, dan di sambut baik,” ujarnya saat diwawancarai sekitarjambi.com.

Wakil Wali Kota Jambi dr. Maulana mengatakan, dengan adanya pintu air Sungai Asam ini membantu Pemkot Jambi dalam menanggulangi permasalahan banjir di Kota Jambi. Pintu air ini kegunaannya untuk membendung air sungai Batanghari. Namun di sisi lain juga melakukan evakuasi penjaringan sampah. “Ini menjadi perhatian bagi siapapun untuk bisa mengurangi pengunaan plastik sekali pakai,” jelasnya kepada awak media.

Diketahui, dalam waktu dekat Pemkot Jambi bersama BWSS VI Jambi akan membangun 2 titik pintu air, yakni di Danau Sipin dan Danau Teluk. (Ita)

Bagikan

7 thoughts on “Sampah di Pintu Air Sungai Asam Capai 24 Ton Per Bulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: