Provinsi Jambi Masih Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir

sekitarjambi.com – Jambi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini mengenai peluang hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang, di sebagian besar wilayah provinsi di Indonesia pada Senin (20/6/2022).

Hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang antara lain berpotensi mengguyur bagian wilayah Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali.

Dalam informasi yang dipaparkan info BMKG, dijelaskan bahwa fenomena atmosfer yang berpengaruh pada kondisi cuaca adalah adaya daerah sirkulasi yang terbentuk di Selat Karimata di sebelah barat Kalimantan Barat, yang menyebabkan terbentuknya perlambatan kecepatan angin atau konvergensi yang memanjang dari Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.

Fenomena atmosfer lainnya adalah adanya pertemuan angin yang terbentuk di wilayah laut Jawa, Sulawesi Tenggara, Maluku bagian Selatan, Laut Banda, Laut Arafuru, dan Papua bagian selatan.

Berdasarkan pantauan pada website BMKG Jambi, pada Selasa (21/6/2022) telah mengeluarkan peringatan dini waspada potensi terjadinya hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Bungo, Merangin, dan Kabupaten Sarolangun. Suhu diperkirakan berada pada angka 23 – 32 celcius dengan kelembapan 65 – 100 persen.

Wilayah-wilayah tersebut diinformasikan perlu mewaspadai kemungkinan terjadi bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor. Untuk itu stakeholder terkait diminta segera menjalankan upaya-upaya mitigasi. (Iz)

Bagikan
error: