Porbi Tanjab Barat Bantu Petani Atasi Serangan Hama Babi

sekitarjambi.com – Tanjab Barat_Dalam upaya menghilangkan hama babi di lahan pertanian maupun perkebunan, Kepala Desa Teluk Sialang Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjab Barat menggandeng Persatuan Olah Raga Berburu Babi (Porbi).

Kepala Desa Teluk Sialang M. Yani Rabu (31/07/2019) menjelaskan, perburuan dengan melibatkan Porbi ini bukan untuk menghabisi atau memberantas semua babi hutan, tetapi bersifat pengendalian populasinya saja. Perburuan yang dilakukan Porbi Tanjab Barat sendiri dilakukan atas permintaan masyarakat warga, serta kegiatan rutin dengan melihat lokasi-lokasi yang pertumbuhan hama babi paling banyak di suatu daerah.

“Pertumbuhan populasi babi hutan sangat cepat mengingat dalam sekali melahirkan dapat mencapai 5-10 ekor, dan dalam satu tahun mereka bisa tiga kali beranak.

Akibatnya banyak lahan pertanian warga, khususnya di Desa Teluk Sialang ini dirusak oleh babi hutan yang mencari makan, baik itu di lahan tanaman padi, tanaman sawit muda, karet serta tanaman kopi,” ujar Kepala Desa Teluk Sialang kepada sekitarjambi.com di ruang kerjanya.

Untuk diketahui, perburuan yang dilakukan oleh Porbi Tanjab Barat sendiri masih bersifat tradisional, dengan menggunakan peralatan berupa tombak dan anjing pemburu berbagai jenis seperti anjing lokal, hingga ke jenis anjing peranakan luar negeri seperti
Argentino, Dogo, Pitbul dan Terrier. (Surya)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

error: