PetroChina Terima Studi Kunjungan Pendidikan Reguler Angkatan LXV LEMHANNAS RI

sekitarjambi.com – Geragai, PetroChina International Jabung Ltd. menerima kunjungan Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Program Pendidikan Reguler Angkatan LXV Tahun 2023 Lembaga Ketahanan Nasional (LEMHANNAS) Republik Indonesia, bertempat di Aula Base Camp Geragai, Kamis (30/3/2023).

Kedatangan rombongan LEMHANNAS RI disambut langsung oleh Kepala Perwakilan SKK Migas SUMBAGSEL, Anggono Mahendrawan, Vice President Human Resources and Relations PetroChina, Dencio Renato Boele, Field Manager PetroChina Jabung, I Wayan Suandana, dan seluruh perwakilan tim managemen PetroChina.

Sedangkan kedatangan rombongan LEMHANNAS terdiri dari Marsda TNI Andi heru Wahyudi sebagai Pembina, Mayjen TNI Marinir Yuliandar Tuah K.D. sebagai Pimpinan Rombongan, Komjen Purnawirawan Heru Winarko sebagai Tenaga Ahli, Laksamana TNI Dono Herbowo sebagai Liaision Officer, Brigjen Pol Djoko Purbo Hadijojo sebagai Inspektur LEMHANNAS RI dan anggota lainnya.

Pada sambutannya, Vice President Human Resources and Relations PetroChina, Dencio Renato Boele, menyampaikan terkait kegiatan produksi migas PetroChina di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Selain itu, Dencio juga menyampaikan terkait beberapa program-program tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh PetroChina.

“Berkat dukungan yang terus mengalir kegiatan ekonomi juga berjalan lancar, dan untuk kontribusi Jabung bagi produksi turunan nasional cukup signifikan, kami menempati posisi ketujuh untuk produksi minyak. Dengan produksi yang stabil menandakan kegiatan di Jabung berlangsung lancar dan mendapat dukungan yang baik dari masyarakat sekitar. Karena itu kami sepenuh hati juga menyiapkan berbagai program pemberdayaan masyarakat yang dapat meningkatkan kualitas hidup dan potensi daerah. Baru-baru ini kami menyerahkan program-program CSR Tahun 2022 senilai lebih dari 20 miliar rupiah kepada pemerintah dua Kabupaten yakni Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur,” terang Dencio saat memberikan sambutan.

Pada kesempatan ini, Dencio juga menyampaikan, berharap dengan kunjungan studi dari LEMHANNAS RI dapat saling bertukar informasi dan pemikiran.

“Kita sangat beryukur atas kunjungan LEMHANNAS ini. Artinya kita dapat memperkenalkan kepada mereka yang mengikuti pendidikan di LEMHANNAS yang ingin mengetahui terkait kegiatan industri kontraktor hulu migas. Ya mudah-mudahan ini bermanfaat bagi mereka dan bagaimana nanti untuk ke depan mereka mengembangkan ketika menjadi pemimpin-pemimpin di negara ini, untuk dapat lebih membantu perkembangan kegiatan industri hulu migas,” ujarnya.

Mayjen TNI Marinir Yuliandar Tuah, selaku Pimpinan Rombongan LEMHANNAS RI, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan menjelaskan tujuan kunjungannya tersebut.

“Kami yang hadir sekaligus mewakili Gubernur LEMHANNAS RI berterima kasih kepada SKK Migas dan PetroChina telah menyambut kami semua dari peserta SSDN PPRA LEMHANNAS RI. Kami juga memohon dukungan semuanya terhadap program kunjungan kami,” ungkapnya.

“Dengan kunjungan ke PetroChina ini, diharapkan akan memperoleh wawasan serta pengalaman yang lebih komprehensif, baik secara teoritis maupun praktik standar akan nilai-nilai kebangsaan, mengerti dan memahami krisis yang dihadapi baik dalam skala daerah maupun nasional. Kami memilih provinsi ini dengan harapan bisa mengetahui tata kelola pemerintahan daerah dan permasalahan-permasalahan yang dihadapi, sehingga para peserta memiliki gambaran tentang tata kelola pemerintahan daerah dan kaitannya dengan ketahanan nasional. Tentunya dengan melakukan kunjungan ke beberapa instansi dan objek strategis daerah yang merupakan potensi dan aset nasional, untuk itu kami mengharapkan dukungan dan bantuan aparatur pemerintahan di daerah dan jajaran maupun berbagai pihak,” Mayjen TNI Marinir Yuliandar Tuah menambahkan.

Mayjen TNI Marinir Yuliandar Tuah juga menyebutkan, untuk kegiatan SSDN kali ini dilaksanakan selama 5 hari, yakni pada 27 hingga 31 Maret 2023, dan dilaksanakan di 4 provinsi, yaitu Provinsi Jawa Tengah, Jambi, Sulawesi Barat, dan Provinsi Gorontalo.

Sementara itu, Kepala Perwakilan SKK Migas SUMBAGSEL, Anggono Mahendrawan, menjelaskan bahwa kegiatan usaha hulu migas secara jelas telah diatur oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Perpres Nomor 9 tahun 2013.

“Jadi kegiatan hulu migas ini ada dua tahap, yakni eksplorasi dan eksploitasi. Jadi sesuai aturan kalau minyak itu hasilnya 85 persen untuk negara dan 15 persennya untuk Kontraktor Kontrak Kerja Sama. Sementara itu kalau gas itu 65-70 persen untuk negara dan sisanya untuk Kontraktor Kontrak Kerja Sama. SKK Migas dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama sebagai pelaku industri hulu migas yang bertugas untuk mencari cadangan migas guna menjaga energi ketahanan nasional, sesuai pula instruksi Presiden RI bahwa hulu migas memiliki Visi 1 Juta BOPD Minyak dan 12 BSCFD Gas pada tahun 2023,” ungkap Anggono.

Kegiatan studi kunjungan Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Program Pendidikan Reguler Angkatan LXV Tahun 2023 Lembaga Ketahanan Nasional (LEMHANNAS) Republik Indonesia ini diisi dengan pemaparan materi terkait Pengenalan, Aktivitas, dan Kegiatan Produksi PetroChina oleh SR. Developent & Operation Manager PetroChina, Budy Tyas Utomo.

Usai pemaparan, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Tidak hanya itu, usai diskusi dilanjutkan dengan penyerahan momento dan foto bersama.

Kegiatan tersebut turut dilanjutkan dengan kunjungan rombongan LEMHANNAS RI ke North Geragai Fractination (NGF) untuk mengetahui proses operator eksplorasi dan produksi minyak bumi dan gas alam di area onshore dan offshore Jabung. (Iz)

Bagikan
error: