Perkuat Wawasan Kebangsaan Mahasiswa, UNJA Gelar Kuliah Umum Bersama PANGDAM II/Sriwijaya

sekitarjambi.com – Mendalo, “Sriwijaya, UNJA SMART.” itulah seruan para mahasiswa jelang kuliah umum yang dihelat pada Jumat, 16 September 2022.

Ribuan mahasiswa/i Universitas Jambi (UNJA) mengikuti kegiatan kuliah umum yang mengangkat tema “Jaga Persatuan dan Perkokoh Nasionalisme Menuju Indonesia Emas 2045”, yang disampaikan langsung oleh Panglima Daerah Militer atau disingkat PANGDAM II/Sriwijaya, Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han.

Kuliah umum yang diselenggarakan di Balairung Kampus Pinang Masak UNJA tersebut, dibuka oleh Rektor Universitas Jambi, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D. dan dihadiri oleh seluruh Wakil Rektor, perwakilan Dekan lingkup Universitas Jambi, Direktur Pascasarjana, Ketua Senat, dan Kepala Biro di lingkup Universitas Jambi.

“Selamat datang kami ucapkan kepada Bapak PANGDAM II/Sriwijaya, di Kampus Pinang Masak UNJA,” tutur Rektor UNJA, Prof. Sutrisno saat memberikan sambutan.

Prof. Sutrisno menyampaikan, untuk pembentukan karakter dan memperkuat wawasan kebangsaan mahasiswa, saat ini UNJA bekerja sama dengan KODIM 0415/Jambi dalam dua program kegiatan, diantaranya yakni kegiatan Tentara Manunggal Desa (TMD) dan kegiatan Bimbingan Mental (BINTAL).

“Kegiatan dilaksanakan di Kabupaten Batanghari, melibatkan sekitar 1.000 mahasiswa dari berbagai fakultas diantaranya, fakultas pertanian, fakultas peternakan, fakultas hukum, dan fakultas keguruan dan ilmu pendidikan,” paparnya.

“Untuk dua kegiatan kerja sama tersebut, maka dengan adanya kuliah umum ini diharap akan memperkuat pembekalan mahasiswa-mahasiswa Universitas Jambi untuk membentuk jati diri, konsisten, memiliki wawasan kebangsaan yang memadai, yang semuanya dalam bingkai UNJA SMART,” ungkapnya.

PANGDAM II/Sriwijaya, Mayjen TNI Hilman Hadi mengatakan, ia tidak asing dan merasa akrab dengan kampus UNJA. Karena ia merupakan putra daerah Jambi sekaligus putra dari salah seorang purnawirawan tenaga pendidik di Universitas Jambi.

Pada penyampaian materi kuliah umum dengan tema “Jaga Persatuan dan Perkokoh Nasionalisme Menuju Indonesia Emas 2045”, ia memotivasi para mahasiswa agar turut memperjuangkan dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan cara menjaga kedaulatan. Ia juga menyampaikan terkait pentingnya menjaga ideologi negara yakni Pancasila.

“Sukses itu bukan suatu tujuan, tapi sukses itu sebuah proses kehidupan,” ujarnya.

“Perlunya memperkuat kedaulatan dan jiwa nasionalis bangsa untuk menuju Indonesia Emas 2024. Salah satu contoh, saat ini Indonesia merupakan negara kepulauan terluas nomor 14 di dunia. Konsorsium negara kesatuan itu adalah seluruh wilayah yang diwarisi oleh perjanjian Belanda. Indonesia memiliki peluang yang besar sekaligus menjadi tantangan dan ancaman bagi kita, jika tidak bisa mempertahankan wilayah dan mengelola dengan baik,” terangnya.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jambi, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc. di akhir kuliah umum mengatakan, pada kuliah umum yang digelar kali ini, dengan harapan mahasiswa baru memiliki wawasan kebangsaan dan mencintai negara Indonesia.

“Ancaman datangnya banyak sekali dari luar, untuk ini perlu sekali generasi muda yang dalam hal ini mahasiswa baru angkatan tahun 2022 mempunyai pemahaman yang sama terhadap konsep kedaulatan Republik Indonesia Ini. Dan ini benar-benar searah dengan apa yang disampaikan oleh Bapak PANGDAM,” jelasnya. (Iz)

www.unja.ac.id

Bagikan
error: