Per 5 Januari 2024, Tarif Parkir di Kota Jambi Naik

sekitarjambi com – Dinas Perhubungan Kota Jambi telah mengumumkan rencana penyesuaian tarif parkir yang dijadwalkan mulai berlaku pada 5 Januari 2024.

Meski demikian, implementasi penyesuaian ini masih menunggu hasil evaluasi dari Kementerian Dalam Negeri (KEMENDAGRI).

Kepala Dinas Perhubungan (DISHUB) Kota Jambi, Saleh Ridho, menyatakan bahwa pihaknya telah mengusulkan tarif baru yang akan berlaku setelah mendapatkan evaluasi positif dari KEMENDAGRI.

“Kami berharap tidak ada hambatan dalam evaluasi usulan tarif parkir yang telah kami ajukan, sehingga tarif baru ini dapat diberlakukan pada tanggal yang direncanakan,” ujarnya pada Selasa (2/1/2024).

Rencana penyesuaian tarif mencakup kenaikan biaya parkir untuk sepeda motor dari Rp 1.000,- menjadi Rp 2.000,- dan untuk mobil dari Rp 2.000,- menjadi Rp 3.000,-.

Ini merupakan penyesuaian pertama dalam hampir satu dekade, sejalan dengan kebijakan tarif parkir di beberapa kota di wilayah Pulau Sumatera.

Keputusan ini didasarkan pada Peraturan Daerah Kota Jambi Nomor 3 Tahun 2010 tentang Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum.

Saleh Ridho juga menegaskan komitmen pihaknya untuk meningkatkan kualitas layanan parkir di Kota Jambi melalui penyesuaian tarif.

Selain itu, ia juga mencatat masalah pengelolaan parkir, terutama terkait dengan oknum juru parkir yang tidak memberikan karcis.

“Kami mendesak masyarakat untuk proaktif meminta karcis saat menggunakan fasilitas parkir. Jika juru parkir tidak menyediakan karcis, maka parkir tersebut seharusnya gratis,” tegasnya.

Dinas Perhubungan Kota Jambi juga saat ini berencana memasang spanduk informasi terkait aturan parkir yang baru. Selain itu akan dilakukan peninjauan dan penertiban terhadap juru parkir serta lokasi parkir yang dianggap merugikan masyarakat dan pemerintah.

Penyesuaian tarif parkir ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap pengaturan parkir dan pelayanan kepada masyarakat di Kota Jambi, seiring dengan upaya peningkatan kualitas pelayanan publik. (AD)

Bagikan