Para Jemaah Haji Provinsi Jambi Tahun 2022 Didoakan Jadi Haji Mabrur

sekitarjambi.com – Jambi, Sebanyak 1.343 jemaah haji asal Provinsi Jambi telah tiba di tanah air, setelah kurang lebih enam pekan berada di tanah suci untuk menunaikan rukun Islam ke-5.

“Berharap pada jemaah haji yakni menjadi haji yang mabrur, mampu melestarikan haji yang mabrur sepanjang hidup, dan menjadi agen perubahan dalam dinamika kehidupan yang lebih nyata,” ujar Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, Wahyudi A. Wahab.

Wahyudi menjelaskan bahwa arti mabrur dalam hal ini adalah ibadah haji yang sudah dilaksanakan, pahalanya dapat diterima oleh Allah SWT. Sementara, seorang haji yang mabrur/mabrurah adalah seseorang yang mampu menahan diri dari segala dosa sampai dengan waktu kematiannya, serta tidak melakukan perbuatan yang menyia-nyiakan hajinya.

“Sesungguhnya 40 hari pelaksanaan ibadah haji itu sama dengan pesantren, sama dengan bengkel, yang mestinya jika diumpamakan keluar dari bengkel pasti harus lebih bagus. Kami yakin, jemaah yang sudah menunaikan ibadah haji harapan kami pastilah kembali ke tanah air terjadi perilaku yang lebih baik dan perilaku itu berpengaruh bagi masyarakat dan lingkunganya,” ungkap Wahyudi.

Ia juga menjelaskan untuk ciri-ciri haji yang mabrur menurut Rasulullah SAW ada tiga, diantaranya yakni santun dalam bertutur kata, menebarkan kedamaian, dan memiliki kepedulian sosial terhadap sesama. (Iz)

Bagikan
error: