Nekat Liburan ke Wilayah Corona, 64 Siswa SMAN 1 Kota Jambi Akan Dikarantina

sekitarJambi.com – Kota Jambi, Guru dan siswa SMA Negeri 1 Kota Jambi masih nekat melakukan field trip atau study tour ke daerah terdampak corona atau covid-19, yakni Yogyakarta dan Bandung. Bahkan sebelumnya diduga Dinas Pendidikan Provinsi Jambi melakukan pembiaran karena tidak melarang keras kegiatan ini.

Kepala SMA Negeri 1 Kota Jambi, Anwar Musaddad juga dinilai salah karena tetap mengeluarkan kebijakan melakukan study tour ke daerah terdampak corona. Berdasarkan informasi yang dihimpun, ada 64 siswa dan guru SMA Negeri 1 Kota Jambi yang melakukan jalan-jalan. Jalan-jalan ini bertujuan agar siswa kelas 11 mengenal kampus luar agar semangat belajar. Bahkan melalui penelusuran tim JEKTV, ditemukan juga ada ketetapan sekolah yang menerapkan denda 800 ribu hingga 1 jutaan rupiah. Denda berlaku jika siswa tidak jadi berangkat, sebagai sanksi bagi siswa yang membatalkan keberangkatan. Selain itu juga terdapat lembar persetujuan yang menyatakan sekolah tidak bertanggung jawab bila terjadi sesuatu selama siswa berangkat.

Menanggapi hal ini, Kepala SMA Negeri 1 Kota Jambi, Anwar Musaddad enggan memberikan tanggapan.

Menanggapi hal ini juru bicara penanganan covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah mengatakan, sebelumnya surat telah dilayangkan ke sekolah terkait agar kegiatan field trip ditunda. Namun peringatan ini tidak diindahkan pihak sekolah. Pemerintah Provinsi Jambi mengimbau para siswa segera pulang ke Jambi. “Kepala sekolah sudah kita panggil dan sudah kita layangkan surat teguran kepada sekolah tersebut,” jelasnya kepada sekitarjambi.com.

Diperkirakan Kamis 19 Maret 2020 malam, ke-64 siswa dan guru SMA Negeri 1 Kota Jambi akan pulang dan tiba di Kota Jambi. Johansyah menambahkan, seluruh peserta field trip ini akan dikarantina sepulang ke Jambi. Mereka akan dicek kesehatannya serta dipantau tidak membawa virus covid-19 ke Jambi. Mengingat siswa yang jalan-jalan jumlahnya tidak sedikit yakni 64 orang, maka fasilitas medis maupun ruangan isolasi yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah Raden Mattaher Jambi tidak cukup. Pemprov Jambi akan memberlakukan karantina di rumah dengan memasukan mereka dalam kategori pasien dalam pengawasan. (Nia)

Bagikan

32 thoughts on “Nekat Liburan ke Wilayah Corona, 64 Siswa SMAN 1 Kota Jambi Akan Dikarantina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: