Meriam Bambu, Mainan Tradisional Khas Bulan Suci Ramadan yang Langka Ditemui

sekitarjambi.com – Jambi, Meriam bambu adalah mainan tradisional yang kerap dimainkan di pedesaan ataupun perkampungan di beberapa daerah di Indonesia selama bulan suci Ramadan. Meriam bambu ini dimainkan oleh anak-anak ataupun orang dewasa.

Untuk di daerah Jambi sendiri, mainan ini sudah sangat jarang ditemui. Lantaran dunia semakin canggih, sehingga para anak-anak maupun orang dewasa dalam memeriahkan Ramadan sudah beralih ke gadget ataupun mainan yang lebih modern seperti Play Station.

Salah seorang pemuda dari salah satu desa di Jambi, Bagas, mengatakan alasan dirinya kurang berminat bermain meriam bambu karena ada permainan yang lebih asyik dan seru di gadget.

Bagas mengatakan, bahar bakar mainan meriam bambu saat ini sulit didapatkan.

“Bahan bakar mainan meriam bambu memakai minyak tanah, sekarang minyak tanah jarang dijual di warung-warung. Selain itu harga minyak tanah juga sudah lebih mahal,” jelasnya saat dihubungi tim sekitarjambi.com.

Selain itu pula, Reza, yang juga salah seorang warga desa yang ada di Jambi, menyebutkan pemerintah desa setempat pada tahun-tahun sebelumnya sempat melarang permainan ini, lantaran suaranya yang bersahutan menggelegar hingga membisingkan telinga.

“Bunyi ledakannya juga cukup keras, padahal dalam permainan ini yang paling keras suara ledakan, dialah yang terbaik di permainan,” terangnya. (Iz)

Bagikan
error: